Penyanyi Kasidah Rofiqoh Darto Wahab Telah Tiada

Rofiqoh Darto Wahab (sumber: nu.or.id)

[JAKARTA, MASJIDUNA]- Kabar duka datang dari dunia tarik suara. Hj Rofiqoh Darto Wahab yang selama ini dikenal sebagai pelantun lagu-lagu kasidah telah meninggal dunia pada Rabu (12/7/2023) sekitar pukul 00.09 di Kediaman, Pondok Gede, Jakarta dalam usia 78 tahun.

Dikutip dari NU.online, kabar wafatnya Hj Rofiqoh yang juga mahir qariah pertama kali tersebar di WhatsApp grup warga Kranji Kedungwuni oleh Gus Haibani Abidzarin. Hj Rofiqoh adalah istri dari mendiang Darto Wahab wartawan NU yang juga pengacara sezaman dengan H Mahbub Djunaidi.

Baca Juga: Puisi Menag di 40 Hari Meninggalnya Mbah Moen

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah HM Muzamil ikut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya penyanyi gambus legendaris Hj Rofiqoh Darto Wahab.

“Atas nama PWNU dan warga NU se-Jateng, kami ikut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga amal kebajikan dan pahala almarhumah diterima di sisi Allah Taala dan dosa-dosanya diampuni oleh-Nya,” ucapnya.

Suara Rofiqoh yang merdu diawali dari kepandaiannya dalam seni baca Qran. Dia sempat menempuh pendidikan di Muallimat Wonopringgo Pekalongan, Pesantren Lasem Rembang, dan Pesantren Buntet Cirebon. Di pesantren terakhir inilah ia banyak belajar dan mengasah kemampuannya membaca Qur’an secara tepat dan indah.

Baca Juga: Celoteh Qalbu: Anti Galau

Tidak heran banyak lomba baca Quran dia ikuti mulai tingkat kecamatan hingga provinsi. Setelah itu, dia pun mulai mencoba dunia tarik suara denga bernyanyi lagu-lagu kasidah.

Jenazah almarhum dimakamkan di kampung halamannya, Kranji, Kedungwuni pada Kamis (13/7/2023) pukul 10.00 WIB dan akan dishalatkan di Masjid Jami Kranji.

(IMF/sumber: NU Online)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *