Mantan Perdana Menteri Indonesia Sekaligus Tokoh Muhammadiyah Djuanda akan Difilmkan

Sosok Ir.H. Djuanda Kartawidjaja (sumber: muhammadiyah. or. id)

[JAKARTA, MASJIDUNA]– Kisah hidup Perdana Menteri Indonesia ke-11 sekaligus tokoh Muhammadiyah, Ir. H. Djuanda, akan diangkat menjadi film. Hal itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Seni Budaya (LSB) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Gunawan Budiyanto.

Menurutnya, sosok Ir. H. Djuanda Kartawidjaja merupakan kader Muhammadiyah dari Jawa Barat. Karena kepiawaiannya, menjadikan teritorial Indonesia terintegrasi meski terpisah laut sampai sekarang ini.

“Pada masa kemerdekaan, Ir. Soekarno paham bagaimana sulitnya menyatukan negara kepulauan akan tetapi wawasan kebangsaan yang disampaikan Ir. H. Juanda ini membahana, bagaimana menomorsatukan tujuan bangsa.” ungkapnya.

Baca Juga: Tokoh Muhammadiyah Kahar Muzakir Diangkat Sebagai Pahlawan Nasional

Deklarasi Djuanda disebut Gunawan menjadi kunci dari kedaulatan kelautan Indonesia dan mempersatukan bangsa. “Oleh karena itu masyarakat Indonesia khususnya warga Muhammadiyah harus bangga akan sosok pahlawan Ir. H. Djuanda.”

Sementara itu, Direktur Corporate Bank BCA, Widodo Mulyono menyebut bahwa BCA sepakat untuk mendukung dibuatnya film Ir. H. Djuanda ini karena sosoknya penting untuk diketahui oleh semua.

“Bagaimana seorang tokoh besar pada masanya sudah membuat Indonesia melalui wilayah lautnya menjadi seperti hari ini,” ujarnya.

Informasi ini menurut Widodo harus diketahui oleh generasi muda dan dikemas dengan cara yang menarik. “Anak-anak harus paham tentang sejarah, bahwa Indonesia tidak bisa seperti hari ini jika tidak ada tokoh-tokoh founding father kita, salah satunya Ir.H. Djuanda.” tandasnya.

Menyampaikan tentang teknis produksi film, Andika Prabangkara dari MixPro menyebutkan bahwa persiapan pembuatan film ini dilakukan hampir selama dua tahun.

Baca Juga: Di Mekah, Para Tokoh NU dan Muhammadiyah Bertemu

“Hampir dua tahun yang lalu saya ditunjuk sebagai produser film. Dan selama dua tahun ini kami berjuang ingin menulis dan memfilmkan Ir.H.Djuanda.” ungkapnya.

Mixpro sendiri sudah memproduksi tiga film sejarah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yakni Meniti 20 Hari, Sembilan Putri, Dua ulama. Berbeda dengan film sebelumnya, persiapan pembuatan film Juanda ini diakui Andika penuh dengan perjuangan akan tetapi sejarah Juanda ini membuat timnya tetap bertekad memproduksinya.

“Kenapa kita tetap nekat karena tonggak NKRI ada Sumpah Pemuda, Proklamasi, dan Deklarasi Djuanda, dan tidak semua orang tahu pemersatu laut Indonesia adalah Juanda. Laut Indonesia yang dulunya hanya 2 mill menjadi 12 mill.” Tuturnya.

Andika berharap di akhir tahun, film Juanda ini dapat disaksikan di bioskop CGV di seluruh Indonesia dan selain itu juga timnya akan menggelar pop up cinema sehingga bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

(IMF/sumber: muhammadiyah.or.id)

One thought on “Mantan Perdana Menteri Indonesia Sekaligus Tokoh Muhammadiyah Djuanda akan Difilmkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *