Melihat Keutamaan Membaca Quran di Ramadan

Ilustrasi: pixabay.com

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Bulan ramadan sedianya mesti diisi dengan kegiatan ibadah kepada Allah Subhanahu Watta Ala. Selain melaksanakan ibadah puasa, ibadah lainnya pun mesti ditinkatkan. Sepertihalnya membaca Alquran alias tadarus. Tadarus Alquran pada dasarnya memiliki keutamaan tersendiri di bulan ramadan

Direktur Urais dan Binsyar Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib menyampaikan, keutamaan tadarus al-Qur’an di bulan ramadan dijelaskan dalam banyak hadis. Seperti yang diriwayatkan Al-Bukhari dari Ibnu Abbas.

“Banyak hadis yang menjelaskan tentang dianjurkannya memperbanyak membaca al-Qur’an di bulan Ramadan,” ujarnya dalam program Edukasi Syariah Ramadan Bimas Islam, Kamis (30/3/23) kemarin.

Baca juga:

Dia menerangkan, salah satu diantaranya tentang hadis yang diriwayatkan Al-Bukhari dari Ibnu Abbas yang menyebutkan, ‘Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadan.

Ketika malaikat Jibril Alahisalam menemuinya, saban malam Rasulullah diajarkan Alquran olehnya. Ya Malaikat Jibril secara langsung mengajarkan Rasulullah membaca Alquran. Ia menjelaskan, hadis tersebut menjelaskan bahwa umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak membaca al-Qur’an di bulan Ramadan.

“Dari hadis ini kita bisa melihat, bahwa bulan Ramadan adalah bulan di mana  kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca al-Qur’an,” pungkasnya.

[AR]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *