Islam Larang Jadi Kaum “Sumbu Pendek”

Foto: pxhere

Oleh: Asep Awaluddin, M.Pd (Pengajar Mata Pelajaran PAI/Dosen Ulumul Hadits di Wonogiri, Jawa Tengah) 

ISLAM mengajarkan agar umat Islam tidak mudah marah dan emosi dalam menghadapi persoalan. Mengapa menjadi kaum sumbu pendek dilarang dalam Islam?

Rosululloh Saw Pemimpin yang Melarang kita Menjadi Orang yang Sumbu Pendek (mudah marah).

 حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ جَمِيعًا عَنْ يَزِيدَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ عَنْ الْعَوَّامِ بْنِ حَوْشَبٍ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَقَ الشَّيْبَانِيُّ عَنْ أُسَيْرِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَتِيهُ قَوْمٌ قِبَلَ الْمَشْرِقِ مُحَلَّقَةٌ رُءُوسُهُمْ 

Artinya: Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakar bin Abu Syaibah] dan [Ishaq] semuanya dari [Yazid] – [Abu Bakar] berkata- Telah menceritakan kepada kami [Yazid bin Harun] dari [Al Awwam bin Hausyab] telah menceritakan kepada kami [Abu Ishaq Asy Syaibani] dari [Usair bin Amru] dari [Sahl bin Hunaif] dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Akan muncul suatu kaum dari arah Timur, rambut mereka pendek, dan mereka sesat dan menyesatkan.” 

Pesan yang dapat diambil dari hadits tersebut di atas dengan memunculkan pertanyaan, mengapa Nabi Muhammad Saw beberapa kali menjelaskan tentang ciri-ciri kaum Khawarij? Bahkan, Nabi Muhammad Saw sampai pada memberikan petunjuk yang jelas dari arah mana mereka akan datang, yaitu sebelah timur Kota Madinah. 

Apabila kita melihat di peta, maka arah Timur dimaksudkan Rasul SAW adalah Arab Saudi (disebut sebagai Najed di zaman Nabi SAW). Berambut pendek, sesat dan menyesatkan, apa maknanya? Benar, menurut hemat saya berambut pendek bisa kita maknai dengan gampang marah, atau bisa dikatakan kaum sumbu pendek adalah istilah bagi orang-orang yang tidak ramah, mudah tersulut kemarahannya dan apabila berbicara meledak-ledak seolah ingin segera menghabisi orang lain yang diluar kelompoknya, sifatnya kasar layaknya sifat suku Badui.

BACA JUGA:

Dilarang Sedekah untuk Orang Sehat dan Kuat

Inilah Penyebab Orang Kaya Tapi Enggan Bersedekah

Inilah Tujuh Kelebihan Sedekah Secara Rahasia 

Adapun sesat dan menyesatkan, maknanya adalah menyuruh setiap orang untuk kembali kepada al-Qur’an dan Sunnah dengan meniadakan para ulama dan imam madzhab. Anti terhadap pendapat ulama dan imam madzhab ini, dapat diibaratkan dengan menyuruh orang yang sedang opname di RS untuk mengambil sendiri di gudang obat, tanpa bantuan dokter dan apoteker. Akibatnya tentu terjadinya kekacauan di sana-sini, tidak ada kepercayaan kepada penguasa dimanapun mereka berada kemudian memusuhi pemerintahan, bahkan menganggap pemerintah itu adalah Thagut (Berhala) yang harus dilawan. 

Inilah indahnya agama Islam, Rasul Muhammad SAW telah memberikan keterangan yang sangat jelas tentang tanda-tanda orang Khawarij yang hendaknya kita hindari. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan inayah-Nya kepada kita, keluarga kita, anak keturunan kita dan muslimin semuanya untuk dapat meneguhkan diri dengan belajar ilmu agama dari para guru, alim-ulama dan mengikuti jejak para imam madzhab yang telah terbukti kesesuaiannya dengan persoalan yang kita hadapi, amin ya robal’aalamiin.

[RAN]

One thought on “Islam Larang Jadi Kaum “Sumbu Pendek”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *