Inilah Penyebab Orang Kaya Tapi Enggan Bersedekah

Oleh: Asep Awaluddin, M.Pd. (Pengajar Mata Pelajaran PAI/Dosen Ulumul Hadits di Wonogiri Jawa Tengah)

 [JAKARTA, MASJIDUNA] – Tak semua orang memiliki kesadaran dan keringanan tangan untuk bersedakah, berbagi dengan sesamanya. Bahkan, orang kaya yang memiliki harta yang berkecukupan tak jarang juga enggan berbagi dengan sesamanya. Apa penyebab orang kaya enggan bersedakah? 

Rasulullah SAW merupakan pemimpin yang mengabarkan setan membisiki orang kaya sehingga ragu bersedekah.

 حَدَّثَنَا صَدَقَةُ بْنُ الْفَضْلِ أَخْبَرَنَا عَبْدَةُ عَنْ هِشَامٍ عَنْ فَاطِمَةَ عَنْ أَسْمَاءَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُوكِي فَيُوكَى عَلَيْكِ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ عَنْ عَبْدَةَ وَقَالَ لَا تُحْصِي فَيُحْصِيَ اللَّهُ عَلَيْكِ 

Artinya: Telah menceritakan kepada kami [Shadaqah bin Al Fadhal] telah mengabarkan kepada kami [‘Abdah] dari [Hisyam] dari [Fathimah] dari [Asma’ radliallahu ‘anha] berkata; Nabi Shallallahu’alaihiwasallam berkata, kepadaku: “Janganlah kamu tahan tanganmu dari berinfaq karena takut miskin, sebab nanti Allah menyempitkan reziki bagimu”. Telah menceritakan kepada kami [‘Utsman bin Abu Syaibah] dari [‘Abdah] dan Beliau Shallallahu’alaihiwasallam berkata,: “Janganlah kamu menghitung-hitung untuk bershadaqah karena takut miskin, sebab nanti Allah menyempitkan rezeki bagimu”. 

Pesan dari hadits di atas memberi penjelasan bahwa bahwa zakat dan sedekah merupakan kewajiban para orang kaya. Namun sayang belum semua orang kaya gemar melakukannya, apa sebabnya? Pada umumnya, mereka (para orang kaya) sangat mencintai hartanya, khawatir hartanya akan berkurang bila disedekahkan, dan mereka juga sangat takut menjadi miskin oleh karenanya. 

Bisikan setan ampuh dalam menakut-nakuti orang yang akan berinfak menyebabkan kemiskinan sehingga mereka ragu-ragu menginfakkanya dalam keridhaan Allah. الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلا وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ “Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Al-Baqarah: 268) 

Padahal tahukah kita, bahwa sedekah takkan mengurangkan harta sedikitpun. Karena Allah pasti akan menggantinya dengan berlipat ganda. Rasulullah SAW pun telah bersabda, مَا نَقَصَ مَالُ مِنْ صَدَقَةٍ Harta tidak berkurang karena bersedekah. (HR. Muslim) 

Hadits ini merupakan jaminan keamanan dari kefakiran kita oleh Allah SWT. Kita telah mendapatkan jaminan, takkan menjadi miskin karena bersedekah. Bahkan dalam hadits lain, Rasulullah menceritakan, “Tidaklah seorang hamba berada di pagi hari kecuali dua Malaikat turun kepadanya, yang salah satunya berkata: Ya Allah, berilah orang yang berinfak gantinya. Dan yang lain berkata: Ya Allah, berilah orang yang kikir kerusakan.” (HR. Bukhari-Muslim) 

Kedua hadits ini mengindikasikan, Justru dengan bershadaqah, harta seseorang akan semakin bertambah, barakahnya maupun jumlah harta itu sendiri. Sebagaimana firman Allah SWT, وَمَا أنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْئٍ فَهُوَ يَخْلِفُهُ Dan segala yang kamu nafkahkan, tentu akan digantikan oleh Allah SWT. (QS. Al-Hasyr : 39) 

Alloh berfirman, قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚوَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖوَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ “Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rizki yang sebaik-baiknya.”(Saba’ : 39) 

Inilah indahnya agama Islam, senantiasa mengajarkan kepada diantara kita para orang kaya untuk gemar bersedekah hingga Allah SWT menambah keberkahan harta mereka. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan inayah-Nya kepada kita, keluarga kita, anak keturunan kita dan muslimin semuanya yang kaya untuk dapat gemar bersedekah ikhlas karena Allah SWT, amin ya robbbal’aalamiin.

[RAN/Foto: internet]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *