Dilarang Sedekah untuk Orang Sehat dan Kuat

Oleh: Asep Awaluddin, M.Pd. (Pengajar Mata Pelajaran PAI/Dosen Ulumul Hadits di Wonogiri, Jawa Tengah)  

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Sedekah merupakan tindakan yang baik dan menjadi tuntutan dalam ajaran Islam. Namun, bersedakah harus dilandasi oleh ilmu dan pengetahuan. Salah satunya, Islam melarang bersedekah kepada orang sehat dan kuat. Apa argumentasinya?  

Rasulullah SAW merupakan pemimpin yang melarang sedekah untuk orang sehat-kuat.

 أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ وَأَبُو نُعَيْمٍ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ رَيْحَانَ بْنِ يَزِيدَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَحِلُّ الصَّدَقَةُ لِغَنِيٍّ وَلَا لِذِي مِرَّةٍ سَوِيٍّ قَالَ أَبُو مُحَمَّد يَعْنِي قَوِيٍّ 

Artinya: Telah mengabarkan kepada kami [Muhammad bin Yusuf] dan [Abu Nu’aim] dari [Sufyan] dari [Sa’d bin Ibrahim] dari [Raihan bin Yazid] dari [Abdullah bin ‘Amru] ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak halal sedekah bagi orang kaya dan orang sehat yang kuat.” Abu Muhammad berkata, “Yaitu orang yang kuat.” 

Bolehkah harta zakat dan sedekah diberikan kepada orang sehat-kuat? Harta zakat dan sedekah bukan diperuntukkan bagi orang sehat-kuat, melainkan bagi kaum lemah (faqir-miskin). Secara tegas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, لاَ تَـحِلُّ الصَّدَقَةُ لِغَنِيٍّ وَلاَ لِذِيْ مِرَّةٍ سَوِيٍّ Tidak halal sedekah itu, bagi orang yang kaya dan juga bagi orang yang kuat lagi sehat. 

BACA JUGA:

Sedekah Menjaga Seseorang dari Marabahaya

Pahala Sedekah Menanti Non Muslim yang Akan Memeluk Islam

Inilah Penyebab Orang Kaya Tapi Enggan Bersedekah

Orang yang kuat ialah orang yang fisiknya memungkinkan dirinya bekerja. Sedangkan yang dimaksud sehat di sini ialah orang yang anggota badannya normal, dan sempurna jasmani-rohaninya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: مَنْ كَانَ مَعَهُ فَضْلُ ظَهْرٍ فَلْيَعُدْ بِهِ عَلَىٰ مَنْ لاَ ظَهْرَ لَهُ ، وَمَنْ كَانَ لَهُ فَضْلٌ مِنْ زَادٍ فَلْيَعُدْ بِهِ عَلَىٰ مَنْ لاَ زَادَ لَهُ Barangsiapa mempunyai kelebihan tenaga, maka hendaklah ia berikan kepada orang yang tidak mempunyai tenaga, dan barangsiapa mempunyai kelebihan bekal, maka hendaklah ia berikan kepada orang yang tidak mempunyai bekal. 

Selanjutnya  Nabi Muhammad Saw menyebutkan beberapa macam benda sebagaimana yang tersebut sehingga kami tidak menjumpai seorang pun di antara kami yang mempunyai kelebihan hak. 

Inilah indahnya agama Islam, senantiasa mendorong kita untuk menjadi sehat-kuat, sejahtera dengan rajin bekerja sehingga tidak berpangku tangan dan mengharapkan sedekah para orang kaya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan inayah-Nya kepada kita, keluarga kita, anak keturunan kita dan muslimin semuanya untuk dapat memahami larangan zakat/sedekah kepada orang sehat-kuat, aamiin ya robbal’aalamiin.

[RAN/Foto: internet]

One thought on “Dilarang Sedekah untuk Orang Sehat dan Kuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *