5 Poin Harus Diwujudkan dalam Bangunan Masjid

Pengurus masjid mesti memastikan  bangunan masjid terpelihara  dengan baik mulai mihrab hingga toilet.

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Masjid, menjadi tempat ibadah yang sejatinya mesti dijaga kebersihannya. Termasuk perawatannya pun mesti dilakukan secara berkala dari aspek bangunan. Nah, agar masjid menjadi tempat ibadah yang nyaman dan sesua standar, mesti mewujukan 5 poin.

Ketua Departemen Dakwah, Ukhuwwah, dan Sumber Daya Keummatan Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ustad Ahmad Yani, mengatakan pengurus masjid mesti memastikan  bangunan masjid terpelihara  dengan baik mulai mihrab hingga toilet.

“Ada 5 kata kunci yang harus diwujudkan,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman DMI.

Baca juga:

Dia membeberkan kelima poin tersebut. Pertama, masjid bersih. Yakni adalah masjid yang terhindar dari segala kotoran. Seperti debu, udara yang kotor dan pengap serta sampah bekas makanan dan minuman.

Kedua, masjid suci. Yakni, masjid yang bersih dari najis manusia dan binatang. Kemudian terhindar dari najis membuat jamaah terjamin kesempurnaannya dalam beribadah. Ketiga, masjid sehat. Yakni, masjid yang menerapkan pola hidup sehat sehingga berkumpulnya jamaah yang banyak tidak menyebabkan timbulnya bibit penyakit dan penyebarannya akibat interaksi antar manusia.

Keempat, masjid indah. Yakni, masjid yang enak dipandang mata, bukan karena kemewahan bangunan dan fasilitas yang ada di dalamnya. Tapi karena perawatan fisik dan sarananya. Kelima, masjid nyaman.

Yakni, masjid yang membuat jamaah senang berada di dalamnya sehingga saat panas jamaah merasakan kesejukan, sedangkan saat dingin jamaah merasakan kehangatan, termasuk aroma wangi yang menyenangkan pada karpet dan ruangannya.

“Karena itu harus ada penanggungjawab dan petugas kebersihan yang cukup, melakukan pemeliharaan masjid secara rutin dan menyeluruh, serta dukungan pendanaan yang memadai,” pungkasnya.

[Red/Foto: Kemenag]

One thought on “5 Poin Harus Diwujudkan dalam Bangunan Masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *