Connect with us

Sosok

Inilah Kegiatan Peringatan Maulid Ke-77 Pimpinan Tariqat Qodiriyah Naqsabandiyah

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Tepat 1 September 2019 mendatang, mursyid ke 38 Tariqat Qodiriyah Naqsabandiyah (TQN) yang juga pendiri dan pimpinan Pondok Pesantren Sinarasa, Panjalu, Ciamis Jawa Barat Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefullah Saefulloh genap berusia 77 tahun. Terdapat sejumlah kegiatan dalam rangka peringatan hari kelahiran pimpinan TQN itu.

Peringatan hari ulang tahun ke 77 Syekh Muhammad Abdul Gaos Sefullah Maslul Al Qodiri An Naqsyabandi Al Muttaqi Al Kamil Al Muwaffaq Al Quthub atau akrab disapa Abah Aos dilaksanakan dengan beragam kegiatan hingga enam hari lamanya.

Seperti poster digital yang diterima MASJDIUNA, kegiatan dimulai pada 27 Agustus 2019 ini dengan kegiatan Pawai Natura. Kegiatan berikutnya dilakukan dzikir yang dilakukan selama 77 jam non stop yang dimulai tanggal 28 hingga 31 Agustus 2019.

Rangkaian Kegiatan Milad ke-77 Abah Aos

Pada tanggal 28 Agustus 2019, panitia juga menggelar kegiatan hiburan yang menghadirkan artis ibukota. Pada 29 Agustus 2019 dilanjutkan dengan penampilan hadrah dan sairan, penampilan lagu-lagu religi serta Haflah Tilawatil Qur’an.

Selanjutnya, pada Jumat (29/8/2019), digelar acara kesenian dan bela diri seperti pencak silat, kecapi suling, penampilan kesenian serta santunan kepada yatim piatu.

Di hari terakhir rangkaian acara, yakni pada Sabtu (31/8/2019), panitia menyiapkan kegiatan Gubyag yang merupakan budaya asli daerah Jawa Barat yakni menangkap ikan tanpa alat. Acara juga diselingi dengan kegiatan elektone band Gojlag, penampilan kesenian, santunan anak yatim piatu, Deklarasi Ketua Ibu Rela serta Ketua MTQN se-Dunia, serta di penghujung terdapat penampilan wayang “Si Cepot Nyantri”.

Bagi Anda jamaah TQN atau yang berdomisli di sekitar Ciamis, sempatkan waktunya untuk menghadiri kegiatan tersebut. Selain turut serta tasyakuran atas peringatan milad Abah Aos, sekaligus menikmati hiburan yang sarat budaya Jawa Barat.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun. Selain sarat dengan aspek relijius, kegiatan ini juga tak luput mengangkat kearifan lokal budaya Jawa Barat. Selamat Milad Abah Aos. [RAN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sosok