Ragam Ekspresi Pemain Sepakbola Dunia Menyambut Ramadan

Oleh: Istnan Hidayatullah (Dosen Akidah Filsafat UIN Datokrama, Palu, Sulawesi Tengah)

KEHADIRAN bulan suci Ramadan disambut dengan suka cita oleh umat Islam di seluruh dunia. Tidak terkecuali oleh para pemain sepak bola profesional. Suka cita mereka diekspresikan dengan ragam cara. Di antaranya dengan mengirimkan gambar yang disertai keterangan pendek. Ada juga yang memilih mengirimkan pesan tertulis saja tanpa disertai gambar atau sebaliknya, gambar tanpa tulisan.

Secara umum, ekspresi mereka di media sosial menyiratkan kegembiraan. Mereka bahagia menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Kendati ibadah puasa sendiri akan terasa lebih berat bagi olahragawan seperti mereka. Sebagai pemain profesional, mereka tetap dituntut memainkan pertandingan selama bulan Ramadan. Tidak ada dispensasi atau perlakuan khusus.

Berikut ini beberapa hasil tangkapan aktivitas para pemain sepakbola dunia dalam menyambut bulan suci Ramadan:

Antonio RĂ¼diger

Pemain sepak bola asal Jerman yang merumput di klub Real Madrid tersebut mengirimkan pesan khusus di akun instagram miliknya. Dalam pesannya, ia menyertakan foto dirinya yang duduk di atas sajadah dengan bergamis dan mengenakan peci putih. Di samping foto, ia juga memberikan keterangan dengan bahasa Inggris. Tulisnya: Ramadan Mubarak to all Muslims around the world. May the almighty accept our fasting and prayers #AlwaysBelieve.

Achraf Hakimi

Sebagaimana RĂ¼diger, Hakimi juga turut menyampaikan kebahagiaan atas datangnya bulan Ramadan. Pemain asal Maroko yang berjersey PSG ini mengirimkan foto dirinya yang tersenyum lebar dalam balutan gamis berwarna krem. Dalam foto tersebut, mantan suami model Hiba Abouk juga menuliskan pesan yang berbunyi: Ramadan Mubarak Said Al hamdulilah.

Brahim Diaz

Pemain berdarah Spanyol-Maroko yang bermain bersama Real Madrid tersebut juga menyematkan pesan Ramadan di akun instagram miliknya. Namun berbeda dengan kedua pemain sebelumnya, Diaz hanya mengirimkan kartu ucapan yang berhiaskan kubah masjid dengan tulisan pendek: Ramadan mubarak. 

Edin Dzeko

Mantan pemain Manchester City, AS Roma, dan Inter Milan asal Sarajevo itu juga menyampaikan suka cita menyambut Ramadan. Pesan tersebut ia tuliskan dalam bahasa Bosnia yang jika diartikan berbunyi: Hari pertama Ramadan. Pahala puasa tidak terhitung banyaknya, berlipat ganda, dan tak ternilai harganya. Ramadhan adalah bulan segala kebaikan. Di dalamnya setan dirantai, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka, Al-Qur’an mengajarkan, dan malaikat diturunkan ke bumi. Bulan yang penuh rahmat, kebaikan, keberkahan dan ampunan. Bulan yang lelah raganya, namun hati gembira, bulan terang masjid, salat, zikir, menyebut Yang Maha Penyayang. Bulan wahyu, renungan, ketundukan dan doa telah dimulai, maka bergabunglah bersama kami di jalan kebaikan ini….

Mohamed Salah

Bintang klub Liverpool berpaspor Mesir ini dikenal sebagai penganut Islam yang taat. Pada Ramadan kali ini ia juga mengungkapkan perasaan suka cita. Melalui akun instagramnya ia menulis pesan dalam bahasa Arab: Kullu sanatin wa antum thayyibin wa Ramadan Karim.

Selain nama-nama tersebut masih terdapat sederet bintang sepakbola dunia lainnya yang mengkspresikan perasaan mereka kala menyambut bulan suci Ramadan. 

Pesan-pesan ini secara tersirat mengandung dua makna. Pertama, sebagai rasa syukur dan kegembiraan menyambut hadirnya bulan suci Ramadan. Kedua, sebagai upaya menunjukkan eksistensi keislaman mereka. 

Melalui sarana simbolik tersebut, mereka seolah ingin mengungkapkan bahwa kendati berada di tengah ingar-bingar industri sepakbola dunia, mereka tetap bangga sebagai penganut agama Islam. Kebanggaan semacam ini sangat penting terutama bagi generasi muda muslim yang sedang mengalami inferioritas akut di hadapan peradaban besar modernitas.

[RAN/Foto: Dokpri]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *