Makam Luar Batang Rutin Gelar Buka Bersama Senin-Kamis

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Kompleks makam keramat Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, sejak dua bulan terakhir ini rutin menggela rbuka bersama setiap hari Senin-Kamis. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama DKM Masjid Makam Luar Batang bersama Lazisnus PBNU.

Bagi Anda yang sedang berziarah ke komplek makam keramat Luar Batang di Penjaringan, Jakarta Utara di hari Senin dan Kamis, maka jangan heran bila ada kegiatan buka bersama di hari tersebut. Sejak tiga bulan terakhir ini, DKM Masjid Keramat Luar Batang bekerjasama dengan Lazisnu PBNU, rutin menggelar buka bersama setiap hari Senin dan Kamis.

“Sejak setelah lebaran, kira-kira dua bulan yang lalu, kami rutin menggelar buka bersama untuk jamaah yang melaksanakan ibadah puasa sunnah hari Senin dan Kamis,” ujar pengurus DKM Masjid Luar Batang M Jumen Sudin saat berbincang dengan MASJIDUNA.COM, Senin (31/7/2023). 

Jumen menyebutkan kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama dengan Lazisnu PBNU. Menurut dia, antusiasme jamaah cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan buka bersama bagi yang mereka yang melaksanakan ibadah sunnah puasa Senin-Kamis. “Kami siapkan nasi kotak kepada jamaah yang melaksanakan ibadah puasa sunnah hari Senin-Kamis,” tambah Jumen. 

Dari pantauan MASJIDUNA.COM, jamaah yang hadir pada Senin (31/7/2023) siang cukup ramai. Tampak peziarah datang bergelombang. Seperti rombongan dari kalangan santriwan-santriwati, kemudian disusul rombongan dari rombongan bapak-bapak dengan seragam abu-abu.  Saat memasuki waktu salat zuhur, jamaah melaksanakan ibadah salat lohor berjamaah di masjid yang bersebalahan dengan makam  Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus atau lebih dikenal dengan ‘Habib Husein’ ini. 

Kompleks makam Luar Batang, di Penjaringan, Jakarta Utara telah dilakukan revitalsiasi oleh Pemprov DKI Jakarta. Pada tahun 2021, revitalisasi kompleks makam Luar Batang telah usai. Kompleks makam Luar Batang kini jauh lebih bersih dan nyaman bagi peziarah dan jamaah.

[RAN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *