Pameran Seni Karya Gus Mus dan Keluarga Dibuka Sore ini

[MAGELANG, MASJIDUNA] –  KH A. Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus dikenal tak hanya sebagai ulama besar dari Nahdlatul Ulama (NU), ia juga dikenal sebagai sosok budayawan. Gus Mus piawai dalam membaca puisi termasuk melukis. OHD Museum yang terletak di Magelang, Jawa Tengah secara khusus menggelar pameran karya lukis kiai asal Leteh, Rembang itu mulai Sabtu (11/3/2023) hingga 11 Juni 2023 mendatang. 

Gus Mus merupakan sosok yang multitalenta. Selain dikenal sebagi ulama NU yang saat ini menjabat sebagai Mustasyar PBNU, Gus Mus juga dikenal piawai dalam kegiatan berkesenian. Gus Mus dikenal sebagai  penulis sekaligus pembaca puisi. Teman karib Gus Dur ini juga dikenal piawai dalam melukis. Tak banyak sosok yang memiliki bakat seperti pengasuh Pondok Pesantren Roudotut Tholibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah ini. 

OHD Museum yang merupakan akronim dari Oei Hong Djien, museum yang berbasis di Magelang, Jawa Tengah, sebagaimana dilihat di laman OHD Museum bakal menggelar pameran karya seni Gus Mus dan keluarga dengan tajuk “Lanskap Gus Mus”.   Kegiatan ini secara resmi bakal dibuka pada Sabtu (11/3/2023) sore ini. Rencananya, pameran ini akan digelar selama tiga bulan ke depan hingga 11 Juni 2023. Kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Alissa Wahid, Ketua PBNU yang juga Direktur Nasional Gusdurian Network Indonesia (GNI). 

Pameran ini menghadirkan 128 lukisan karya Gus Mus (64 diantaranya karya lelet nikotin pada amplop surat); 2 (dua) karya cucu, dan satu (1) santri; 2 (tiga) karya kolaborasi antara Gus Mus dengan Muhammad Abdu Maliki Mulk (cucu); serta satu (1) karya kolaborasi antara Gus Mus dengan Umma Nabiegh Ismail Jalla (cucu) dan Eny Retno Purwaningtyas (keponakan yang juga istri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas), satu (1)

OHD Museum terletak di Jalan Jenggolo, No 14 Magelang Jawa Tengah ini dapat dikunjungi mulai pukul 10.00 – 17.00 setiap harinya kecuali hari Selasa dan libur nasional. Bagi Anda yang kebetulan melakukan perjalanan di Magelang dan sekitarnya tak ada salahnya memasukkan agenda ke  OHD Museum untuk menikmati karya seni Gus Mus dan keluarga.   

[RAN/Foto: OHD Museum]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *