Sekjen MUI 2005-2015 Muhammad Ichwan Sam, Telah Tiada

JAKARTA, MASJIDUNA-Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia periode 2005-2015, Muhammad Ichwan Sam, telah meninggal dunia pada hari Minggu (25/12/2022). Dia meninggal di Rumah Sakit Mayapada Bogor, Jawa Barat, setela menderita stroke sejak 2015 silam.

Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas, mengenang kedekatan dengan almarhum. “Bagi saya beliau adalah guru dalam hal yang terkait dengan masalah organisasi dan manajemen,” ungkap Anwar.

Baca Juga: Mantan Wasekjen MUI Nadjamuddin Ramly Meninggal Dunia

Misalnya, saat Ichwan saat menjabat Sekjen MUI, dia menduduki posisi Wakil Sekjen MUI. Saat itu, Anwar sering diutus untuk mewakili MUI.

“Ketika beliau menjadi sekjen MUI dan saya sangat sering beliau utus untuk mewakili MUI dalam berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar MUI,” kata Anwar.

Bahkan, di tengah kondisi MUI yang dulu tidak mendapatkan APBN dari pemerintah, Ichwan dikenal lincah merancang program MUI melalui kolaborasi antar lembaga. Di lingkungan sekretariat MUI, Pak Ichwan begitu terkenal karena kepandaiannya meracik sebuah kegiatan dan melibatkan tim sekretariatan dari yang muda sampai sepuh untuk aktif.

Sistem persuratan di dalam MUI yang begitu rapi juga dirancang pada era Pak Ichwan. Pak Ichwan bahkan rutin terjun langsung membimbing staff sekretariat dalam merancang surat keputusan, undangan, maupun dokumen penting MUI yang lain. Kepiawaian Pak Ichwan mengelola kesekretariatan itu tidak lepas dari pengalaman panjangnya menjadi wartawan Pelita.

Baca Juga: Hari Ini MUI Genap 47 Tahun, Wadah Para Ulama Pembimbing Ummat

Almarhum H Muhammad Ichwan Sam disemayamkan Ahad (25/12) di rumah Kompleks Patria Jaya V Nomor 90 A, Jatirahayu, Kota Bekasi.

Jenazah dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden pada Senin (26/12) pukul 07.00 WIB.

(IMF sumber: MUI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *