MTQ Nasional VI Korpri  Pecah Rekor, Diikuti 902 Peserta

[PADANG, MASJIDUNA] –   Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tahun 2022 ini memecahkan rekor dibanding gelara tahun sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, diikuti 902 peserta dari 84 kafilah. Menariknya, MTQ Korpri ini memanfaatkan layanan digital. 

Kepala Biro Bintal Kesra Pemprov Sumatera Barat Irsyad mengatakan panitia pelaksana MTQ Nasional VI Korpri menggunakan layanan digital. Menurut dia, persiapan pemanfaatan digital telah siap 100%.  “Alhamdulillah IT yang disiapkan panitia pusat telah diuji coba beberapa kali dan saya rasa sudah siap 100% digunakan saat kedatangan kafilah untuk registrasi ulang dan hari H saat musabaqah”, tegas Irsyad, saat rapat koordinasi panitia di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumbar, Sabtu (5/11). 

Menurut dia,  keberadaan informasi dan teknologi dalam gelaran MTQ Nasional VI Korpri memiliki peran sentral dalam kesukseskan MTQ. Terutama saat registrasi dan hari H saat perlombaan.  Menurut dia, panitai berkewajiban untuk memastikan persiapan berjalan dengan baik. 

Sementara dalam kesempatan sama, sekretaris bidang musabaqah dan perhakiman, M. Ramli Masenge mengapresiasi kerja keras panitia karena telah berhasil memecahkan rekor MTQ Korpri dengan peserta terbanyak sejak diselenggarakan pertama kali tahun 2012 yaitu 902 peserta dari 84 kafilah.

Selian itu, Ramli mengungkapkan bahwa seluruh aplikasi bidang IT telah dilakukan simulasi di perguruan tinggi. 

Rapat Koordinasi dihadiri oleh perwakilan panitia pusat, Pemprov Sumbar, Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, Korpri, Panitera dan Tim IT. 

Sebagai informasi, MTQ Nasional KORPRI VI tahun 2022 akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat pada 6-13 November 2022. Musabaqah akan mempertandingkan 9 cabang dan 14 golongan meliputi:

1. Cabang Tartil Al-Qur’an

2. Cabang Tilawah Al-Qur’an

3. Cabang Hafalan Al-Qur’an

* Golongan Hafalan Juz ‘Amma

* Golongan Hafalan Surah Al-Baqarah

* Golongan Hafalan Surah Ali ‘Imran dan Surah An-Nisa

* Golongan Hafalan 7 Surah Pilihan

4. Cabang Dakwah Al-Qur’an

5. Cabang Kaligrafi Al-Qur’an

* Golongan Kaligrafi Dekorasi

* Golongan Kaligrafi Kontemporer

* Golongan Kaligrafi Digital

6. Cabang Lomba Adzan

7. Cabang Khotbah Jumat

8. Cabang Lomba Penulisan Artikel Al-Qur’an

9. Cabang Lomba Doa.

Cabang lomba nomor 1,2,3,4,5,8, dan 9 terdiri dari 2 kategori, putra dan putri. Sedangkan cabang lomba 6 dan 7 hanya diperuntukkan bagi kategori putra.

[RAN/Foto: Dokumen Panitia]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *