Mantan Wasekjen MUI Nadjamuddin Ramly Meninggal Dunia

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Wasekjen MUI periode 2015-2020 bidang Kerukunan Antar Umat Beragama Nadjamuddin Ramly meningal dunia, di rumah sakit Santo Borromeus, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (20/1/2021) malam. Buya Nadjam, begitu dia disapa, meninggal setelah berjuang melawan Covid-19.

Buya Nadjam merupakan kader Muhammadiyah yang ada di MUI. Selama di MUI, beliau terkenal vokal dan kerap menyuarakan idenya secara terbuka dalam rapat-rapat. Karena itu, di kalangan internal MUI, beliau sangat dikenal banyak orang.

Ketika Covid-19 mulai mewabah di tanah air, mantan Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya (WDB) Ditjen Kebudayaan ini dipercaya oleh MUI mensosialisasikan penanganan Covid-19. Sebagai salah satu pimpinan Satgas Covid-19 MUI periode lalu, beliau aktif membagikan sumbangan yang dititipkan ke MUI kepada masyarakat yang membutuhkan. Beliau juga aktif membangun jejaring bersama Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) sehingga sinergi dengan MUI bisa berjalan optimal.

Ternyata, kepergian Buya Nadjam disusul oleh isterinya tak lama kemudian. Hal itu disampaikan mantan Ketua PP Muhammadiyah Dahnil Anzhar Simanjuntak. “Malam tadi juga menyusul Bang Nadja, Istri beliau yg sebelumnya dalam kondisi kritis akhirnya menyusul Meninggal dunia. Selamat Jalan Abanganda dan Istri semua kalian berdua berkumpul di Jannah,” tulis Dahnil di akun Twitter pribadinya, @Dahnilanzar.

Sementara Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan kehilangan yang mendalam. “Muhammadiyah kehilangan kader militan yang pergaulan dan pemikirannya luas,” ujar Haedar Nashir, dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/2/2021).

Nadjamudin Ramly yang merupakan dosen Universitas Tadulako ini juga dikenal gagasannya perihal lingkungan. Semasa hidupnya, ia pernah menulis buku Pariwisata Berbasis Lingkungan.

(IMF/foto: mui.or.id)

One thought on “Mantan Wasekjen MUI Nadjamuddin Ramly Meninggal Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *