Pesan Rasulullah: Jangan Meminta-minta

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Suatu hari Abdullah bin Umar mendengarkan khutbah Rasulullah. Isi khutbah menyebut dua hal, yaitu sedekah dan meminta-minta. Sabda Rasulullah: Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Tangan di atas adalah tangan yang memberi, sedangkan tangan di bawah ialah tangan yang meminta.”

Pada hadits lain, Rasulullah mengatakan: “Siapa yang meminta-minta kepada orang banyak untuk menumpuk harta kekayaan, berarti dia meminta-minta bara api, sama saja halnya apakah yang diterimanya sedikit atau banyak.”

Dalam kitab kumpulan hadits Shahih Muslim, hadits tentang tercelanya meminta-minta cukup banyak. Hal itu berdampingan dengan betapa mulianya bersedekah.

Hadist-hadits tersebut jelas menggambarkan pesan Rasulullah tentang menahan diri untuk meminta-minta. Islam justeru mengajarkan umatnya agar rajin bekerja, apapun jenis pekerjaannya selama dilakukan dengan halal. Rasulullah bahkan memberikan apresiasi kepada tangan umatnya yang kasar karena dipergunaan untuk bekerja. “Tangan yang tak akan disentuh api neraka, ” kata Rasulullah.

(IMF/foto:maribantu.or.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *