Kesadaran Protokol Kesehatan Saat Idul Adha

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Jamaah Mushola Nurul Ihsan di Palmerah, Jakarta Barat membludak hingga ke jalanan saat melaksanakan salat Idul Adha, Jumat (31/07/2020). Namun, jamaah tetap menjaga jarak dan semua menggunakan masker. Sebelum salat dimulai, panitia memberi pengumuman agar usai salat jamaah langsung pulang dan tidak perlu bersalaman seperti tahun-tahun sebelumnya. Sementara pelaksanaan penyembelihan hewan kurban diimbau tidak perlu dihadiri jamaah termasuk yang ikut berkurban. “Kita laksanakan protokol kesehatan secara ketat,” kata Ustad Kiki saat memberi pengumuman.

Sebagian besar masjid dan mushala memang menggelar salat Idul Adha dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru, misalnya, tetap jaga jarak dan setiap jamaah yang akan masuk diminta mencuci tangan terlebih dahulu.

Menurut Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar, daya tampung masjid 4000 jamaah. Namun dalam kondisi pandemi hanya setengahnya, 2000 jamaah saja.

Di sebagian besar wilayah tanah air, salat idul adha sudah dilaksanakan namun tetap mengikuti protokol kesehatan. Hal itu sesuai anjuran dari Kementerian Agama yang memperbolehkan ibadah dilaksanakan.

(IMF/foto: antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *