Begini 5 Keutamaan Membaca Alquran

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Ramadhan, merupakan bulan penuh keberkahan. Tak hanya itu, ramadhan menjadi bulan turunnya Alquran ke muka bumi. Alquran pun menjadi satu dari sekian mu’jizat baginda Rasulullah Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam.

Banyak keutamaan bagi siapapun yang membaca Alquran. Selain mendapat pahala, membaca Alquran menjadi sebuha kebutuhan bagi setiap umat muslim yang beriman. Karena itu, menjadi keharusan bagi setiap muslim memberikan porsi waktu dalam setiap harinya untuk membaca Alquran.

Terlebih di bulan suci ramadhan. Setiap muslim pun perlu mengetahui keutamaan membaca Alquran di bulan ramadhan. Setidaknya terdapat lima keutamaan membaca Alquran di bulan ramadhan.

Pertama, sebaik-baiknya manusia adalah yang membaca dan mengkaji Alquran untuk kemudian mengajarkannya kepada orang lain. Rasulullah  Salallahu Alaihi Wassalam dalam sabdanya, “Sebaik-baiknya kamu adalah  orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya”. [HR.Bukhari].

Kedua, Alquran adalah sebaik-baiknya ucapan. Dalam Alquran, Allah Subhanahu Wata ‘Ala berfirman, “Allah tellah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Alquran”. [Qs.Az-Zumar:23].

Rasulullah pun bersabda, “Amma ba’du.  Sesungguhnya sebaik-baiknya ucapan adalah kitab  Allah, sebaik-baiknya petunjuka adalah petunjuk Muhammad, seburuk-buruknya urusan adalah perbuatan yang diada-adakan (dalam agama) dan semua bid’ah adalah sesat”. [H.R Muslim].

Ketiga, orang yang mahir dalam membaca Alquran bakal bersama para malaikat. Rasulullah bersabda, “Orang yang lancar membaca Alquran akan bersama malaikat utusan yang mulia lagi berbakti. Sedangkan yang membaca Alquran dengan tersendat-sendat lagi berat, maka ia akan mendapatkan dua pahal”. [HR.Muslim].

Keempat, Alquran akan memberi syafaat kepada pembacanya. Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam dalam sabdanya, “Bacalah Alquran, karena ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pembacanya”. [HR.Muslim].

Kelima, rahmat dan ketenteraman bakal turun ketika berkumpul membaca Alquran. Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam dalam sabdanya, “Tidaklah berkumpul sebuah kamu di salah satu rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya, kecuali akan turun ketenteraman kepada mereka, diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat dan Allah akan menyebut mereka kehadapan mahluk di sisi-Nya”. [HR.Muslim]

Nah bagi yang sudah mengetahui  fadlilah atau manfaat dari membaca Alquran, ada baiknya berlomba-lomba membaca Alquran di bulan ramadhan. Selain pahala yang dilipatgandakan, membuat jiwa menjadi lebih tenang bila merutinkan membaca Alquran saban hari. Wallahu Alam…

Semoga bermanfaat….

[AHR/ Foto:bincangsyariah]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *