Connect with us

Pendidikan Islam

Waw, Universitas Islam Madinah Buka Kuliah Daring Jarak Jauh

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Bagi Anda warga Indonesia yang berkeinginan kuliah di Madinah namun kondisi dan keadaan tidak memungkinkan, tak ada salahnya mengikuti program kuliah jarak jauh (Kulliyah ‘an Bu’d) yang baru diluncurkan pada 27 Agustus 2019 lalu.

Universitas Islam Madinah (UIM) kini bisa dijangkau dari genganggaman ponsel kita. Program kuliah jarak jauh yang baru duluncukan belum genap sebulan ini memberi pilihan bagi warga Indonesia yang ingin memperdalam ilmu agama dair kampus negeri di Arab Saudi itu.

Ada dua program yang ditawarkan dari perkuliahan jarak jauh ini yakni program bahasa Arab bagi warga asing dan program sarjana khusus jurusan Syariah. Program ini diperuntukkan warga domestik dan orang di laur Arab Saudi.

Dengan kata lain, warga Indonesia dapat mengikuti program kuliah dalam jaringan (daring) ini. Khusus program sarjana Syariah akan ditempuh selama delapan semester atau sama dengan beban 160 Sistem Kredit Semester (SKS).

Namun patut dicatat, kemahiran bahasa Arab menjadi syarat mutlak untuk mendaftar progarm sarjana Syariah ini. “Tanpa bukti kemahiran bahasa Arab, penerimaan ke program akan bersyarat, dan pendaftaran akan diizinkan jika pelatihan bahasa Arab berhasil diselesaikan,” tulis pengumuman yang dilihat MASJIDUNA di laman Islamic University Madinah, Selasa (10/9/2019).

Untuk pendaftaran program ini, calon peserta didik dipungut biaya 100 Saudi Arabia Riyal (SAR) atau setara dengan Rp 374 Ribu. Adapun biaya kuliah diihitung per SKS sama dengan biaya pendaftaran atau 100 SAR. Total biaya untuk tiap semester diperkirakan biaya per jam kredit dikalikan total jumlah jam terdaftar.

Selain itu, pihak kampus juga menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa kuliah jarak jauh ini. Meski hingga saat ini, manajemen kampus belum mengumumkan skema beasiswa yang ditawarkan. “Bantuan keuangan atau ketersediaan beasiswa, prosedur aplikasi, dan kriteria kelayakan akan diumumkan pada waktunya,” tulis di laman Universitas Islam Madinah itu.

Bagaimana cara mendaftar kuliah jarak jauh ini? Caranya cukup mudah, tentu menggunakan layanan dalam jaringan alias melalui online. Calon mahasiwa cukup klik mendaftar serta aktifkan akun pribadi melalui email tautan yang dikirim melalui email yang telah dimasukkan saat mengisi formulir pendaftaran.

Setelah itu, calon peserta klik “masuk” (sign in) dilanjutkan dengan pembayaran untuk program yang dituju, apakah program kursus bahasa Arab online untuk penutur asing atau aplikasi untuk sarjana Syariah untuk pendidikan jarak jauh. Untuk lebih konkretnya, silakan klik tautan berikut ini: https://www.islamicuniversity.online/apply. Selamat belajar jarak jauh. [RAN]

4 Comments

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam