Prodi HTN UIN Jakarta Masuk 10 Besar Prodi Terketat di SPAN PTKIN 2024

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Program studi Hukum Tata Negara (Siyasah) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menempati urutan kesembilan dari 10 Prodi terketat persaingan dalam Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2024. Prodi HTN satu-satunya prodi di UIN Jakarta yang masuk 10 besar ini.

Ketua Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta Sri Hidayati menyambut positif Prodi HTN masuk dalam 10 besar Prodi terketat persaingan dalam SPAN PTKIN 2024. Menurut dia, hal ini tidak terlepas dari perubahan nomenklatur dari siyasah menjadi hukum tata negara pada tahun 2015 silam. “Sejak nama berubah dari siyasah menjadi Hukum Tata Negara (Siyasah) baru dikenal dan mulai banyak diminati,” ujar Sri Hidayati di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Sebagaimana data yang diperoleh MASJIDUNA terungkap Prodi HTN UIN Jakarta dalam SPAN PTKIN 2024 ini memiliki daya tampung sebanyak 32 kursi. Namun, pendaftar di prodi ini sebanyak 3.383. Angka ini setara dengan 1:106 pendaftar. Tidak hanya itu, Prodi HTN juga berada di urutan ke-12 dari 20 prodi terfavorit pendaftar SPAN PTKIN 2024. Hal ini pula yang menjadikan Prodi HTN UIN Jakarta satu-satunya prodi di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta yang masuk dalam 20 besar prodi terfavorit pendaftar SPAN PTKIN.

Lebih lanjut Sri Hidayati menyebutkan Prodi HTN (Siyasah) berbeda dengan prodi HTN yang berada di lingkungan perguruan tinggi umum (PTU). Prodi HTN di UIN Jakarta, kata Sri Hidayati, memiliki nilai tambah dibanding HTN di lingkungan PTU. “Prodi HTN di UIN selain mempelajari kajian HTN dalam perspektif umum, juga mempelajari hukum ketatanegaraan dalam perspektif Islam. Prodi HTN mengintegrasikan kelimuwan, keislaman, dan keindonesiaan,” tambah Sri Hidayati.

Prodi HTN di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saat ini memiliki akreditasi A. Prodi ini memiliki guru besar seperti Prof. Dr. Amany Lubis, Prof. Dr. Rumadi, M.A, Prof. Dr. Khamami Zada, M.A, dan sejumlah dosen lainnya. “Semoga animo calon mahasiswa mendaftar di HTN semakin memantik kami untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan sivitas akademika,” tutup Sri Hidayati. [RAN/Foto: uinjkt.ac.id]

2 thoughts on “Prodi HTN UIN Jakarta Masuk 10 Besar Prodi Terketat di SPAN PTKIN 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *