33 Nonis Ikut “UIN War” di SPAN PTKIN 2024

[JAKARTA, MASJIDUNA] –  Terdapat 33 calon mahasiswa yang beragama non Islam mendaftar dalam Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Tahun 2024. Tak hanya fenomena “Takjil War” warga non Islam memburu takjil di bulan ramadan, tapi “UIN War” juga terjadi yakni warga non Islam yang turut mendaftar ke kampus Universitas Islam Negeri (UIN).

Sebanyak 33 pendaftar non Islam yang mendaftar dalam SPAN PTKIN Tahun 2024 ini. Menariknya, dari data yang diperoleh MASJIDUNA, pendaftar dari kalangan non Islam juga mendaftar di sejumlah program studi kajian Islam. Seperti prodi Akuntansi Syariah, Bimbingan dan Konseling Islam, Dirasat Islamiyah, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah hingga Tasawuf dan Psikoterapi. Di samping prodi kajian Islam, pendaftar juga mendaftar di prodi ilmu umum. 

Dari 33 pendaftar yang berasal dair non Islam, sebanyak 25 pendaftar beragama Katolik, 5 pendaftar bergama Protestan,  sebanyak 2  orang pendaftar bergama Hindu dam pendaftar bergama Budha sebanyak 1 orang. Dari total pendaftar, prodi Pendidikan Matematika paling banyak diminati pendaftar non Islam sebanyak 4 pendaftar dan  Prodi Pendidikan Fisika sebanyak 4 pendaftar. Lalu disusul Prodi Perbankan Syariah sebanyak 3 pendaftar. 

Pengumuman hasil seleksi SPAN PTKIN 2024 ini dijadwalkan pada 2 April 2024 pekan depan. SPAN PTKIN 2024 ini memiliki daya tampung 66.338. Angka ini mengalami peningkatan dibanding dua tahun sebelumnya. Seperti pada tahun 2023 lalu daya tampung yang tersedia sebanyak 58.729 dan di tahun 2022 daya tampung sebanyak 58.133.  [RAN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *