Connect with us

Ormas

Wapres Minta NU Berperan dalam Perdamaian Global

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU)  dapat berperan dalam perdamaian dunia. Yakni melalui pendekatan keagamaan secara nasional maupun global.

Demikian disampaikan Wakil Presiden (Wapres)  Ma’ruf Amin saat menghadiri momentum  hari lahir ke-94 NU di Gedung PBNU, Jumat (31/1) malam. “Saya berharap NU mengambil peran besar. Peran penting, tak hanya mendamaikan situasi nasional, tapi juga situasi global,” ujarnya.

Wapres yakin memasuki muktamar ke-34, peran organisasi besutan Hadratussyaikh KH Mohammad Hasyim Asy’ari  dapat diraih NU. Bagi Ma’ruf, melalui pendekatan keagamaan dapat menjadi sebuah solusi yang dapat digunakan dalam menyelesaikan beragam konflik kemanusiaan di dunia.

Dengan begitu, pendekatan politik dan militer pun tak lagi dijadikan pilihan utama dalam penyelesaian konflik. Sebaliknya menggunakan penyelesaian menggunakan jalur politik dan senjata dipandang gagal.

“Oleh karena itu, saya yakin ke depan yang bisa menyelesaikan konflik global itu pendekatan keagamaan,” katanya.

Lebih lanjut Ketua Umum  Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berpandangan, sejatinya tiap agama mengajarkan kedamaian dan toleransi. Baginya, kedamaian dan toleransi menjadi kunci bagi pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat dalam konflik untuk mengedepankan pendekatan keagamaan dalam penyelesaiannya.

Dia berharap,  agama bukanlah sumber konflik. Sebaliknya  agama, menjadi saranadaam   menciptakan dan menjaga kerukunan antar masyarakat. Agama seharusnya bisa menjadi sumber kerukunan masyarakat, baik di tingkat nasional maupun global.

Oleh karena itu, Wapres berharap para tokoh NU dan tokoh agama lain dapat berperan dalam setiap upaya perdamaian. Termasuk,  terlibat dalam berbagai dialog untuk mencegah konflik nasional. “Jadi, tokoh agama saya dorong supaya merukunkan umat secara nasional dan mencegah konflik nasional, bahkan merukunkan tokoh umat di seluruh dunia,” pungkasnya.

[AHR/Antaranews]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas