Connect with us

Sosok

Tholabi Kharlie Dikukuhkan jadi Guru Besar Ilmu Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah

Sepak terjang di dunia akademik cukup panjang.

[JAKARTA, MASJIDUNA] —  Nama A.Tholabi Kharlie beberapa tahun terakhir menghiasi media menyorot berbagai persoalan dinamika hukum yang berkembang di tanah air. Pria yang berstatus  Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu kini resmi menyandang gelar Profesor.

Ya, Thobali resmi dikukuhkan menjadi Guru Besar Ilmu Hukum Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jabatan tertinggi dalam dunia akademik tentu menjadi puncak yang paripurna. Keputusan mengukuhkan Tholabi menjadi Guru Besar Ilmu Hukum Islam berdasarkan Surat Keputusan (SK) No. 020891/BII/3/2022 tentang Jabatan Fungsional Guru Besar Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta yang ditandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Alhamdulillah, SK Guru Besar telah diteken Gusmen Yaqut Cholil Qoumas,” ujarnya kepada Masjiduna, Sabtu (4/6/2022).

Nama Tholabi dinaikan jabatannya menjadi Guru Besar Ilmu Hukum Islam  terhitung sejak 1 Maret 2022 sebagaimana tertuang dalam SK No.020891/BII/3/2022. Tholabi merupakan  doktor jebolan Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini memfokuskan diri pada kajian ilmu hukum keluarga Islam (al-Ahwal al-Syakhsiyyah) dan hukum tata negara (HTN).

Sepak terjang Tholabi di bidang keilmuwan hukum telah berlangsung sejak 19 tahun silam. Puluhan karya ilmiah akademik, baik buku ilmiah maupun artikel ilmiah yang dihasilkan dari penelitian telah terbit di sejumlah berkala ilmiah terakreditasi nasional maupun internasional bereputasi.

Dia pun sempat didapuk menjadi reviewer di sejumlah jurnal terakreditasi nasional dan internasional bereputasi, reviewer penelitian Kementerian Agama, asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan lainnnya. Alumnus Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Darussalam Ciamis ini merupakan lulusan dengan predikat cumlaude di S-2 maupun S-3.  Sejumlah beasiswa prestasi diraih saat menyelesaikan studinya seperti dari The Habibie Center (THC), Yayasan Sumber Daya Manusia IPTEK, Kementerian Agama, Supersemar, dan lain-lain.

Sementara rekam jejak di luar dunia akademik, aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini berkiprah di sejumlah organisasi keagamaan maupun profesi. Seperti Pengurus PBNU periode 2021-2026, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP).

Kemudian Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar HTN-HAN (APHTN-HAN), Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LTPQ) Provinsi Banten, Dewan Pembina MPN Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah se Indonesia (HISSI), serta Dewan Pakar ICMI Kota Tangerang Selatan.

Tholabi yang kini juga menjabat Ketua Forum Dekan Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia itu pun aktif menuangkan gagasan berupa opini dan artikel di bidang hukum melalui media media cetak maupun online nasional. Dia pun acapkali  diminta pandangan mengenai persoalan hukum Islam dan hukum tata negara oleh media massa, baik cetak maupun elektronik.

[AHR/foto:istimewa]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sosok