Connect with us

Masjid

Istiqlal Dibuka Maksimal Tampung 2 Ribu Jamaah

Dengan standar protokol kesehatanan ketat.

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Kabar gembira bagi kalangan muslim yang hendak melaksanakan ibadah di Masjid Istiqlal saat bulan Ramadhan 1442H/2021M. Hanya saja, tak seperti biasanya, pengelola Masjid Istiqlal hanya membolehkan maksimal menampung 2 ribu jamaah. Itupun dengan standar protokol kesehatan yang ketat.

Padahal daya tampung Masjid Istiqlal sebanyak 250 ribu jamaah pada pelaksanaan ibadah salat tarawih di bulan Ramadan 1442 Hijriah. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi menyambut baik dibukanya kembali pelaksanaan ibadah dan kegiatan keagamaan pada bulan Ramadan 1442 H di Masjid Istiqlal.

“Kita bisa memastikan bahwa seluruh peribadatan selama bulan Ramadan tetap bisa dilaksanakan selama mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya Jumat (9/4) kemarin.

Menurutnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menerbitkan Surat Edaran tentang Pendoman Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442H/2021M.  Nah, panduan tersebut mesti diikuti oleh semua pihak. Terutama  pengurus masjid dan mushala, pengelola restoran, serta masyarakat muslim.

“Selain penerapan protokol kesehatan petugas keamanan yang ditugasi secara khusus mengawasi protokol kesehatan harus maksimal menjalani tugasnya. Mulai dari pra ibadah, ibadah dan usai ibadah untuk memberi kenyamanan kepada umat yang akan beribadah,” sambung Wamenag.

Sementara itu Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menambahkan,  pihaknya sudah melakukan pembahasan untuk mengatur jumlah pengunjung yaitu 2.000 jamaah bersama Menteri Agama dan kementerian/lembaga lainnya. Bahkan ujicoba terbatas dalam Salat Jumat.

“Alhamdulillah berjalan dan terkontrol dengan baik. Insya Allah pada bulan Ramadhan tahun ini jemaaah yang akan beribadah di Masjid Istiqlal akan dibatasi atau hanya sekitar 2.000 jemaah di ruang utama karena kita tidak mengunakan koridor,” pungkasnya.

[KHA/Kemenag/Ilustrasi: depositphotos.com]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid