Kemenag Gelar Uji Kompetensi Guru Pendidikan Al-Qur’an

Sumber foto: Kemenag

[SURABAYA, MASJIDUNA] — Bulan ramadhan menjadi momentum dalam menempa keimanan. Apalagi terdapat banyak kelebihan beribadah di bulan ramadhan. Momentum ramadhan pun digunakan Kementerian Agama dalam menggelar Uji Kompetensi Guru Pendidikan Al-Qur’an yang dikemas dalam Kegiatan Standarisasi Guru Pendidikan Al-Qur’an.

Acara tersebut dihadiri 35 Peserta dari Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Kegiatan tersebut berlangsung sejak 18 Februari hingga 20 Maret 2024.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono, mengatakan,  upaya peningkatan kompetensi perlu didukung Guru Pendidikan Al-Qur’an. Ilmu yang diperoleh selama proses uji kompetensi perlu disampaikan ke sesama Guru Pendidikan Al-Qur’an.

Baca juga:

Menurutnya, sosialisasi literasi Al-Qur’an secara baik, tartil dan benar merupakan pengabdian hingga akhir hayat bagi para Guru Lembaga Pendidikan Al-Qur’an. Terlebih, ilmu yang diperoleh harus selalu diteruskan ke rekan-rekan sesama Guru Pendidikan Al-Qur’an lainnya.

“Sesuai prinsip tabligh,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman Kemenag, Selasa (19/3/2024).

Guru pendidikan Al-Qur’an pun perlu melakukan check and recheck tetangga kanan-kiri dalam rangka mengetahui siapa saja masyarakat Indonesia yang masih minim literasi baca Al-Qur’annya.

Kasubdit Pendidikan Al-Quran Nurul Huda mengatakan,  uji kompetensi Al-Qur’an dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas literasi membaca Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yang jumlahnya hampir 200 ribu. Setidaknya, strategi peningkatan literasi baca Al-Quran dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan para Kiai yang memiliki otorita dalam menetapkan seseorang telah mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil.

“Bukan hanya memberikan keterangan syahadah tanpa melakukan uji kompetensi baca Al-Qur’an,” ujarnya.

[AR/Kemenag]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *