Imam Al-Ghazali Jadi Inspirasi Politik yang Beradab

Ketua Lakpesdam PBNU Ulil Abshar-Abdalla bersama Sekjen PPP Arwani Thomafi (Foto Istimewa)

[TANGERANG, MASJDIUNA] – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar Focus Group Discussion (FGD) menggali pemikiran politik Imam Al-Ghazali. Pikiran politik Imam Ghazali menjadi inspirasi dalam menghadirkan politik kebangsaan yang berkeadaban.

Sekjen PPP Arwani Thomafi mengatakan PPP berkeinginan menggali inspirasi dari pemikiran politik Islam Imam Al-Ghazali untuk diimplementasikan dalam politik kebangsaan di Indonesia. “Pemikiran besar Imam Al-Ghazali menjadi inspirasi bagi PPP dalam mengembangkan misi politik Islam yang berkeadaban,” ujar Arwani dalam FGD “Kontribusi Pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Politik Kebangsaan yang Berkeadaban” di Tangerang, Kamis (25/5/2023) melalui Pers Release yang diterima MASJIDUNA.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Ketua Lakpesdam PBNU Ulil Abshar-Abdalla, Bastian Zulyeno (Dosen UI), Achmad Ikrom (Pengurus LDNU), KH. Cholis Fuad al-Mutamakkiny, Daniel Zuchron (Dosen/mantan anggota Bawaslu RI), Nurrochmah (santri milenial).

Lebih lanjut Arwani menyebutkan pemikiran politik Imam Al-Ghazali relevan untuk digali sebagai pedoman dalam berpolitik bagi PPP. Menurut dia, warisan pemikiran politik Imam Al-Ghazali menjadi khazanah yang bermanfaat bagi lahirnya politik yang beradab. “PPP ingin menghadirkan politik yang berkeadaban melalui khazanah pemikiran Imam Al-Ghazali,” sebut Arwani.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Lakpesdam NU Ulil Abshar-Abdalla mengapresiasi langkah PPP menggali pemikiran politik Islam Imam Al-Ghazali. Menurut dia, Al-Ghazali merupakan ulama yang berangkat dari tradisi Islam tapi mampu menggali argumentasi yang inovatif. Dia berharap PPP dapat mengikuti spirit Imam Al-Ghazali dalam mengembang misi politiknya. “Saya berharap PPP menjadi partai Islam yang mengikuti Imam Al-Ghazali dengan membangun argumentasi yang kreatif dalam setiap masalah. Membangun partai yang inovatif yang tidak dogmatik. Itulah warisan para ulama terdahulu,” harap Ulil.

PPP berencana menggelar halaqoh pemikiran Imam Al-Ghazali di sejumlah wilayah di Indonesia. Di salah satu kegiatan, dijadwalkan digelar ziarah makam Imam Al-Ghazali secara virtual langsung dari makam yang terletak di daerah Thus, Kurasan, Teheran, Iran.

[RAN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *