Pasarkan Produk UKM Halal, Kolaborasi Kemenkop-IFC Datangkan Pembeli Asing

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Dalam rangka memasarkan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) berbasis halal melalui event berskala internasional, Kementerian Koperasi menggendang Indonesian Fashion Chamber (IFC) untuk mendatangkan buyer atau pembeli asing. Produk UKM berbasis halal, termasuk fashion muslim maupun kuliner.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menilai melalui kolaborasi kedua belah pihak dapat dilakukan secara kongkrit. Dengan begitu, produk UKM berbasis halal kian luas jangkauan pasarnya.

Teten berharap, upaya tersebut sekaligus mampu menggerakan industri di bidang produk halal termasuk fashion Muslim dari hulu ke hilir, mensubstitusi produk impor. Bahkan mendorong berkembangnya industri pendukungnya.

National Chairman IFC, Ali Charisma menambahkan kolaborasi keduanya setidaknya dapat menggelar event yang berskala internasional. Sementara untuk pengembangan bisnis, pihaknya telah memiliki  event Muffest (Muslim Festival, red).

“Diharapkan bisa di adopt dan dikolaborasikan dengan program yang ada di Kementerian Koperasi dan UKM,” ujarnya  di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta, Kamis (6/2) lalu.

Ali bilang, Indonesia harus memiliki acara  berskala internasional secara rutin. Setidaknya dua kali dalam setahun agar  dapat mendatangkan buyer asing. Pihaknya sendiri yang mewadahi setidaknya 400 brand lokal yang sebagian besar UKM mengaku sangat terbantu jika ada event pameran atau festival yang mendatangkan buyer asing. Dengan begitu tak perlu melakukan branding langsung di luar negeri yang memakan biaya besar.

“Kalau tidak mempunyai event yang berskala internasional untuk membranding Indonesia sebagai pusat mode dunia kami khawatir bisnis atau industri ini tidak bisa berkembang,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya siap berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk bisa menggelar event-event promosi skala internasional. Sehingga dapat melahirkan merk yang mampu bersaing dengan merk yang saat ini menguasai pasar internasional.

Sementara itu, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit menambahkan, pihaknya pun telah  menggandeng kementerian lain. Antara lain, Kementerian Luar Negeri untuk menyelenggarakan event berskala internasional sekaligus untuk mendukung pelaku UMKM yang tergabung dalam IFC.

Kemenkop pun memiliki event bertajuk Halal Festival yang juga akan digelar seiring agenda Halal Summit yang diinisiasi Kemenlu dan akan mengundang banyak buyer asing. Dengan begitu di tahun 2020 dapat menggelar dua event skala dunia. Yakni  Muffest 2020 pada 20 Februari 2020 di Jakarta dan Halal Festival 2020 pada 25 Oktober – 2 November 2020 di JCC Jakarta.

“Jadi kita ingin membuat ini menjadi besar dan ini menjadi event tahunan sehingga buyer punya kalender khusus untuk ke Indonesia,” pungkasnya.

[AHR/Kemenkop]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *