Connect with us

Masjid

Menag: Gulung Karpet Masjid, Bawa Sajadah Sendiri

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Penyebaran wabah virus corona seolah belum mau berhenti. Semua tempat umum diimbau agar bersih-bersih dan tidak salaman. Termasuk masjid-masjid. Menteri Agama Fachrul Razi meminta agar semua masjid melakukan bersih-bersih.”Gulung dan bersihkan semua karpet yang ada di rumah ibadah. Semprot ruang peribadahan dengan disinfektan dan bawa sajadah sendiri,” katanya saat mendampingi Presiden Jokowi menyaksikan bersih-bersih Masjid Istiqlal, Jumat (13/3/2020).

Menag juga mengimbau agar masyarakat untuk sementara waktu tidak melakukan kontak fisik dalam bentuk jabat tangan, berpelukan dengan menempelkan pipi (cipika-cipiki), dan aktifitas kontak fisik lainnya. Hal ini dilakukan dalam rangka saling menjaga dan membatasi potensi penyebaran covid-19.

Para pengurus rumah ibadah juga agar melakukan upaya-upaya preventif pencegahan penyebaran Covid-19. Selain melakukan penyemprotan disinfektan, juga menyiapkan sabun di tempat yang mudah dijangkau, misalnya tempat mengambil air wudlu, toilet, dan lainnya. Jika memungkinkan, pengurus rumah ibadah bisa menyiapkan alat deteksi tubuh bagi jemaah.

“Jemaah yang sedang mengalami demam, batuk, dan flu, disarankan tidak memasuki rumah ibadah demi kenyamanan dan kesehatan jemaah lainnya,” ujarnya.

Ikut juga mendampingi Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

(IMF/foto:okezone)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid