Connect with us

Ormas

Kemarau Panjang, Persis Berbagi Air Bersih

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Kemarau panjang yang melanda sebagian wilayah Jawa, membuat kekeringan di mana-mana. Banyak petani yang gagal panen dan sumber mata air kering.

Menghadapi bencana semacam ini, Siaga Bencana Persatuan Islam (Sigab Persis) pun langsung turun tangan menyalurkan air bersih ke Kampung Karangmulya, Kecamatan Jamanis, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pemberian air bersih berlangsung selama tiga hari berturut-turut, sejak Kamis (17/10/2019) sampai Sabtu (19/10/2019).

igab Persis menerjunkan 10 personel untuk membantu warga yang terdampak kekeringan. Sedikitnya 7.500 liter air disalurkan dari pukul 15.00 sampai dengan 22.00 WIB. Banyak warga antusias menyambut kedatangan air bersih karena rata-rata mereka membutuhkan air untuk kebutuhan rumah tangga.

“Para warga di sini sangat kesulitan menjangkau air bersih, walaupun ada, tempatnya lumayan jauh. Oleh karena itu ana berinisiatif melakukan assessment di kampung ini dan terbukti mereka memang sangat membutuhkan.” Ujar Kang Badra Alfaruq selaku anggota Sigab Persis.

Penyaluran air bersih ke kampung Karangmulya sampai dilakukan tiga balik karena kemampuan angkutnya hanya 2.500 liter menggunakan 2 mobil.

“Kami harap selanjutnya bisa ada kerjasama dengan BPBD agar kemampuan angkut airnya bisa maksimal.” Kata H. Iman Firman, S.Si, Apt. selaku ketua Sigab Persis korda Kabupaten Tasikmalaya. (IMF, foto: Sigab Persis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas