Bolehnya Menyalurkan Zakat Fitra ke Anak Yatim, Asal…

Ilustrasi: freepik.com

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Jelang Idul Fitri, umat muslim segera bergegas menunaikan zakat fitra ke pihak-pihak yang memang sudah ditetapkan oleh syariat agama. Zakat fitrah menjadi kewajiban sebagaimana tertuang dalam rukung Islam. Setidaknya terdapat delapan golongan yang berhak menerima zakat, sebagaimana tercantum dalam QS. At-Taubah ayat 60, yang artinya:

“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah”.

Tapi di tengah masyarakat, masih mengganjal pertanyaan soal boleh tidaknya menyalurkan zakat fitrah kepada anak yatim. Bolehkah?.

Baca juga:

Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muchlis Muhammad Hanafi  mengatakan, penyaluran zakat kepada anak yatim diperbolehkan. Tapi dengan catatan, anak yatim tersebut termasuk dalam kategori fakir dan miskin.

“Kalau ada anak yatim yang tidak mampu mencukupi kebutuhannya sehari-hari dan dikhawatirkan mereka pada hari lebaran meminta-minta, maka zakat fitrah dapat disalurkan kepada anak yatim, karena mereka termasuk dalam kategori fakir dan miskin,” ujarnya  dalam program Edukasi Syariah Bimas Islam pada  Jumat (14/4/2023).

Muchlis menjelaskan, menurut mayoritas ulama zakat fitrah diperuntukan bagi fakir dan miskin, dengan tujuan untuk membahagiakan mereka di hari raya Idulfitri. Setidaknya mereka yang tidak memiliki kecukupan untuk membiayai hidupnya dalam satu hari. Zakat fitrah tujuannya untuk membahagiakan orang miskin di hari lebaran.

[AR/BimasIslam]

One thought on “Bolehnya Menyalurkan Zakat Fitra ke Anak Yatim, Asal…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *