Muhammadiyah Aid Salurkan Bantuan Kemanusian untuk Gempa Turki

[İZMIR, MASJIDUNA] – Pengurus Cabang Internasional Muhammadiyah (PCIM) Turki menyerahkan bantuan kemanusian untuk korban bencana gempa kepada pemerintah daerah Bornova, Izmir, Turki, Selasa (10/11/2020).

Ketua Muhammadiyah Aid Wachid Ridwan mengatakan bantuan dari Muhammadiyah Aid ini merupakan bukti kepedulian dan kecintaan warga Muhammadiyah kepada Turki yang diterpa musibah, juga demi kemanusiaan dan ikatan persahabatan kedua bangsa.

Dalam kesmepatan tersebut rombongan PCIM Turki disambut langsung oleh Mustafa İduğ selaku Pimpinan Pemerintah Daerah Bornova. Mustafa menyambut positif bantuan tersebut. “Indonesia dan Turki merupakan negara yang memiliki tingkat kerawanan yang sama dalam hal bencana gempa, kita harus bersama-sama saling membantu dalam antisipasi kebencanaan. Kami sangat berterima kasih dan menyambut baik bantuan tersebut” tegas Mustafa dalam siaran pers yang diterima MASJIDUNA.COM, Rabu (11/11/2020).

Bantuan tersebut diproyeksikan untuk program bantuan penunjang pendidikan kepada pengungsi gempa dan tsunami di Izmir, Turki, khususnya anak-anak yang terdampak. Hal ini dilakukan guna mendukung program bantuan pemberian tablet untuk pembelajaran daring kepada 500 anak yang ada di pengungsian.

Program Muhammadiyah Aid dilaksanakan oleh PCIM Turki berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia wilayah Bursa dan Izmir, turun langsung ke Aşık Veysel Park, tempat pengungsian terbesar untuk mengamati dan memberikan dukungan moril serta bantuan dana kepada korban terdampak gempa.

Sejak 2-4 November 2020 sebanyak 20 pemuda Indonesia hadir membersamai para korban, bahkan sebagian turut menyaksikan proses penyelamatan korban di reruntuhan gedung pasca gempa, di daerah Bayraklı. Hal ini tentu membawa dampak positif kepada hubungan persahabatan kedua negara yang memang reciprocal, utamanya dalam menghadapi bencana di negara masing-masing. Solidaritas Indonesia kepada Turki ditunjukkan melalui aksi yang dilakukan oleh Muhammadiyah dan elemen masyarakat yang turun dalam membantu.

[RAN/Foto: Dokumen Muhammadiyah Aid]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *