Jangan Jadikan Masjid Tempat Kemudaratan

Masjiduna.com–Memasuki bulan puasa, masyarakat akan banyak mengunjungi masjid untuk beribadah. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak umat Islam jangan menggunakan masjid sebagai tempat kemudaratan. Dalam arti, menyebarkan kebencian, permusuhan, hilangnya rasa damai, dan menimbulkan masalah dalam kehidupan.

Hal itu disampaikannya  di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/5), saat meresmikan Masjid Manarul Ilmi di Kampus Universitas Muhammadiyah Magelang.  Haedar berharap, jadi tempat menumbuhkan nilai umat manusia bisa menjalin hubungan baik dengan Allah SWT (habluminallah) dan juga hubungan baik dengan manusia (habluminannas).

“Kemudian dari masjid itu dibina nilai-nilai keilmuan, tetapi ilmu amaliyah yang nanti memancarkan kemajuan,” katanya.

Haedar menuturkan, nilai-nilai perdamaian, nilai-nilai keutuhan kebangsaan, keumatan itu harus tumbuh. Ia berharap dari masjid ada ikhtiar untuk semakin membuat umat dan bangsa ini bersatu termasuk dalam politik kebangsaan agar bisa membangun.

“Kita harus jujur masih tertinggal dalam penguasaan iptek, rakyat kita masih banyak yang tertinggal secara ekonomi, umat Islam juga begitu maka lewat masjid yang ada di kampus ini dan orientasi kampus untuk membangun peradaban maka insya Allah akan lahir ikhtiar-ikhtiar kita yang lebih maksimal untuk meajukan umat dan bangsa,” katanya. (imf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *