Connect with us

Khazanah

Sadio Mane, Sepak Bola Memberinya Kekayaan untuk Berbagi

[JAKARTA, MASJIDUNA]– Timnas Senegal berhasil meraih juara Piala Afrika 2021 setelah dengan susah payah mematahkan kekuatan timnas Mesir lewat adu penalti dengan skor 4-2, Senin (7/2/2022).

Bermain di Stadion Paul Biya, Kamerun, Senegal mencatatkan sejarah baru negeri di Afrika Barat ini. Untuk pertama kalinya Sadio Mane dan kawan-kawan merebut tropi bergengsi di Afrika itu. Sementara Mesir diperkuat oleh pemain top dunia Mohamed Salah.

Sadio Mane adalah nama yang banyak disebut. Bukan saja karena kehebatannya dalam mengolah si kulit bundar, namun karena sosok Mane yang juga banyak memberi inspirasi. Meski sudah memiliki ketenaran kelas dunia sebagai top, Mane juga sosok yang suka berbagi.

Bayaran yang fantastis hingga 180 ribu poundsterling atau sekira Rp3,4 miliar per pekannya hanya dari Liverpool tak membuatnya lupa diri.

Ia tak lupa untuk menyisihkan rezekinya kepada orang lain. Ia dikenal sangat ramah menyantuni orang-orang yang membutuhkan bantuannya, terutama orang-orang yang berada di kampung halamannya, yakni di Senegal.

Bukan hanya itu, Mane juga diketahui membangun beberapa bangunan untuk warga di sana seperti Masjid, sekolah, hingga rumah sakit.

Baca Juga:Tujuan Dakwah itu Mencerahkan bukan Merusak

Beberapa waktu lalu Mane bahkan sempat tertangkap kamera sedang membersihkan toilet masjid di Inggris.

Dalam wawancara BBC tahun 2018, Imam sebuah masjid di Liverpool Al-Thabi mengungkapkan, Sadio Mane lepas dari kemewahannya saat datang ke masjid.

Dia sama seperti warga umumnya yang hendak ke masjid. alam pandangan Al-Thabi, Sadio Mane menggunakan mobil biasa meskipun di rumahnya memiliki Bentley (merk mobil, keluarga Volkswagen) ketika hendak ke masjid.

“Dia sering ke masjid. Di rumah, dia memiliki Bentley, tetapi dia datang dengan menggunakan mobil biasa, jadi seperti penyamaran,” ucap Imam Al-Thabi.

“Tidak ada kesombongan. Sadio Mane berasal dari komunitas miskin, dia tipikal orang yang rendah hati dan menolong.”

Seolah tahu bahwa rezeki yang dia dapat bukan hanya atas kerja keras dirinya saja, maka Mane pun kerap memberi bantuan berupa dana untuk keluarga-keluarga miskin di kampungnya.

Baca Juga: Dai Harus Mengenal Karakteristik Ummat dan Peta Jalan Dakwah

Sadio Mane membuat sepak bola menjadi ajang berdakwah. Apalagi sebelum bertanding, dia kerap tertangkap kamera sedang mengangkat tangan untuk berdoa. Dakwah ternyata punya banyak jalan. Mane sudah memperlihatkannya.

(IMF/foto:titiktemu.co)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah