Connect with us

Ormas

Relawan Muhammadiyah Tembus Kawasan Terisolir di Lebak

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Banjir yang yang datang secara tiba-tiba itu memutuskan jembatan satu-satunya yang menghubungkan Kampung Somang, Desa Sukajaya dengan desa tetangga, di Kecamatan Sajira, Lebak Banten, Rabu (1/1/2020) lalu.

Akibatnya, ratusan penduduk di Kampung Somang terisolir. Kawasan yang dipisahkan oleh Sungai Ciberang ini, praktis lumpuh. Jembatan jebol tidak bersisa.

Untung saja, tim relawan dari Muhammadiyah bahu membahu berhasil menembus kawasan tersebut. Dibantu oleh BPBD Kabupaten Lebak, Kampung Somang yang jumlah penduduknya kurang lebih 420 jiwa pun segera mendapatkan bantuan.

Tim terdiri dari 7 orang relawan medis asal Poltekkes Aisyiyah Cilegon Banten dibawah koordinasi dr. Aven.

Sesampai di Kampung Somang, rombongan tim relawan tersebut membuka layanan kesehatan bagi warga setempat. Warga sangat antusias dengan pemeriksaan kesehatan yang digelar karena baru kali itu ada tim kesehatan yang masuk dan memberikan layanan pasca terjadinya banjir bandang 1 Januari 2020 lalu.

Sebagian besar dari warga datang untuk di periksa kondisi kesehatanya terdiri dari para lansia, ibu dan anak. Mereka rata-rata menyampaikan keluhan berupa pusing-pusing, gatal-gatal dan badan lemes. Selain menangani keluhan warga tim medis yang bertugas juga memberikan obat-obatan yang dibutuhkan dengan cuma-cuma.

(IMF/foto:muhammadiyah.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas