Connect with us

Pendidikan Islam

Optimis Mewujudkan Pendidikan Madrasah Kelas Dunia

Dengan cara menggandeng sejumlah  institusi luar negeri. Mulai Uni Emirat Arab dalam pengembangan e-learning madrasah hingga menggandeng Google untuk pemanfaatan fitur Google Feed Google for Education.

[MEDAN, MASJIDUNA] — Optimis dalam mewujudkan keberadaan madrasa kelas dunia  menjadi harapan besar bagi siapapun. Tak terkecuali pihak kementerian agama (Kemenag). Wajah dunia pendidikan Islam pun bakal terus mengalami hal positif.

Itupula menjadi harapan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi dalam  sebuah acara di stasiun televisi, Kamis (19/11). Menurutnya, pendidikan madrasah tak saja tempat mengaji ilmu agama, namun tempat mengkaji sains dan teknologi. Madrasah bukan hanya berfokus pada peningkatan iman takwa, namun juga peningkatan kompetensi pengetahuan.

Terhadap hal itu, Kemenag pun berpa meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Yakni dengan  menghadirkan sejumlah inovasi. Antara lain kedepannya,  madrasah diproyeksikan bukan hanya sekedar unggul di bidang agama saja, tetapi juga dalam ilmu sains. 

Menurutnya, sejumlah program pun digagas dalam  mewujudkan madrasah kelas dunia. Mulai kerja sama dengan Uni Emirat Arab dalam pengembangan e-learning madrasah hingga menggandeng Google untuk pemanfaatan fitur Google Feed Google for Education.

Seperti Google Form, Google Class Room, Google Drive untuk pembelajaran digital di madrasah. Bahkan Kemenag pun menggandeng World Bank dalam proyek reformasi kualitas pendidikan madrasah tahun 2020-2024, pemberian bantuan kuota grati/terjangkau bagi siswa madrasah, pengembangan platform aplikasi e -rkam, rencana kerja dan anggaran madrasah berbasis elektronik.

Fachrul Razi mengatakan, Kemenag kini  membina sekitar 87 ribu madrasah dengan 10 juta siswa. Pendidikan adalah masa depan. Karena dengan pendidikan dapat memutus rantai kemiskinan dan keterbelakangan.

“Pendidikan berkualitas merupakan harga mati yang harus diperjuangkan dan diusahakan. Kami memastikan akan terus meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah,” pungkasnya.

[AHR/Kemenag/Foto:news scholmedia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam