Connect with us

Khazanah

Museum Rasulullah Bakal Mulai Dibangun

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Dalam waktu dekat, museum Rasulullah bakal mulai dibangun di bilangan Cimanggis Depok, Jawa Barat. Sejumlah negara di belahan dunia berlomba menyodorkan diri sebagai lokasi pembangunan museum Rasulullah. Namun Indonesia terpilih sebagai lokasi pertama museum Rasulullah di luar Arab Saudi.

Perlu diketahui, Museum Rasulullah bakal dibangun bersamaan di tiga kota. Yakni Museum As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabiyy di Makkah, Museum Shirah Nabawiyah di Madinah, dan Museum Rasulullah di Cimanggis, Depok.

Ketua Yayasan Wakaf Assalam Nashir Az-Zahroni mengatakan, lembaganya telah melihat keseriusan Indonesia menyiapkan pembangunan Museum Rasulullah. Hal itu terlihat dalam  dalam pertemuan dengan delegasi Dewan Masjid Indonesia yang dipimpin Wakil Ketua Umum DMI, H. Syafruddin di Kota Makkah pada Selasa, (24/12/2019) kemarin.

“Kami tinggal menunggu kesiapan pihak Indonesia. Selepas pertemuan ini, seharusnya sudah langsung kerja. Kita semua sudah siap,” ujar Nashir melalui keterangan tertulisnya.

Sepanjang 13 tahun, kata Nashir, timnya telah mengumpulkan berbagai naskah manuskrip, hingga benda peninggalan Nabi Muhammad SAW yang masih ada di berbagai belahan dunia. Nah nantinya, kesemua itu bakal ditampilkan di museum yang dibangun di tiga kota itu.

Dia bilang, delegasi Indonesia yang diwakili Syafruddin selaku Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia telah menunjukan rancangan awal Museum Rasulullah di hadapan hadirin melalui layar televisi besar. Sementara pihak Yayasan Wakaf Assalaam pun serupa  menayangkan konsep desain Museum Shirah Nabawiyah yang pembangunannya sedang berlangsung di sisi barat Masjid Nabawi.

Syafruddin menuturkan, Indonesia telah mengambil langkah nyata dalam persiapan pendirian Museum Rasulullah. Menurutnya di lahan bakal pembangunan museum bakal dilakukan pembersihan. Menurutnya, pemerintah dan berbagai pihak telah bersepakat mewujudkan pendirian museum Rasulullah.

“Kita sudah sangat siap memulai pembangunan museum,” pungkasnya.

[redaksi]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah