Connect with us

Khazanah

Cara Unik Ponpes Assalam Membumikan Ilmu Falak

Melalui mobil edukasi yang dinamakan Club Astronomi Santri Assalaam Mobile Observatory .

[SOLO, MASJIDUNA] — Mengenal ilmu falak bagi santri di pondok pesantren dan masyarakat umumnya perlu digalakan. Salah satunya dilakukan Pondok Pesantren Modern Assalaam, Sukoharjo Solo dengan cara yang boleh dibilang unik. Yakni menggunakan mobil edukasi yang dinamakan Club Astronomi Santri Assalaam Mobile Observatory (CASAMO).

Kepala Pusat Astronomi Pesantren Modern Assalaam, Kiai AR Sugeng Riyadi  mengatakan, Casamo diluncurkan tepat pada Gerhana Bulan, 26 Mei 2021 lalu. “Hal itu bermula dari keinginan kami untuk membumikan ilmu Falak kepada santri dan masyarakat,” ujarnya saat menerima kunjungan rombongan Subdit Hisab Rukyat Direktorat Urais dan Binsyar Kementerian Agama, Kamis (25/11/2021) kemarin.

Dia menjelaskan, Casamo terinspirasi dari perpustakaan keliling. Setidaknya dengan Casamo menjadi strategi dalam menjangkau lebih luas masyarakat dan santri khususnya agar mengenal lebih jauh ilmu falak maupun ilmu astronomi. Menurutnya dengan Casamo, santri pun dapat membuktikan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi banyak hal yang dapat dilakukan bagi kehidupan beragama.


Kyai Sugeng menerangkan, spesifikasi Casamo berupa mobil Mitsubishi F71 atau angkel beroda empat, tapi kekuatannya seperi truk. Dilengkapi dengan empat teleskop digital dan manual. Satu teleskop terbesar dan permanen bermerek Hobym Crux 200 Harmonic Drive Mount yang bisa dinaikkan ke rooftop mobil.

Lalu, ada semacam teleskop mirror menggunakan cermin delapan inchi. Fungsinya, untuk memotret sampai nebula atau galaksi yang jauh. Ada pula teleskop kecil yang dapat melihat matahari atau bulan, serta teleskop manual yang bisa dioperasikan santri dan masyarakat.

“Insyallah dari fasilitas itu sangat memadai untuk mengamati tata surya dengan leluasa,” pungkasnya.

[KHA/Bimasislam/ilustrasi:net]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah