Connect with us

Pendidikan Islam

Afkaaruna Global Madrasah, Solusi Ngaji Khazanah Klasik dari Penjuru Dunia

[YOGYAKARTA, MASJIDUNA] – Mengaji khazanah keislaman klasik kini mudah diikuti. Tidak harus duduk secara fisik dalam satu majelis. Namun bisa dari manapun tempatnya.

Afkaaruna Global Madrasah salah satu program baru dari Pondok Pesantren Afkaaruna memberi peluang bagi siapa saja untuk mengikuti kajian khazanah klasik dengan guru mengaji dari Pondok Pesantren Afkaaruna.

Hingga saat ini, program ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 11 negara. Mulai dari Amerika Serikat, Belanda, Inggris, Switzerland, Swedia, Spanyol, SIngapura, Oman, Saudi Arabia Australia dan Indonesia.

Salah satu peserta Afkaruna Madarasah Global Ainun Najib yang saat ini domisili di Singapura mengatakan program Afkaaruna Madrasah Global menjadi solusi bagi santri yang masih ingin mengaji khazanah klasik. Seperti Qiro’ayul QUr’an, Qiratul Kutub, Fiqhul Ibadah dan Multi Cultural Understanding. “AGM ini benar-benar jawaban atas kegelisahan saya selama ini,” ujar Ainun yang dikenal sebagai inisiator kawalpemilu dan kawalcovid ini.

Menurut pria asal Gresik, Jawa Timur ini, bagi masyarakat Indonesia yang berdiaspora di luar negeri, program Afkaaruna Madrasah Global merupakan oase di pembelajaran ala pesantren. “Bagi kami yang sejak kecil terbiasa dengan pendidikan pesantren, tetap merindukan pendidikan serupa untuk anak kami,” sebut Ainun. Menurut dia, pendidikan ala pesantren inilah benar-benar memberikan pendidikan keagamaan yang paling terstruktur dan komprehensif.

Program Afkaaruna Global Madrasah secara resmi diluncurkan oleh Ketua Robithoh Ma’ahid Islamiyah (RMI) PBNU KH Abdul Ghoffar Rozin pada Sabtu (6/2/2021) pekan lalu. Program ini semakin melengkapi portofolio yang dimiliki Pondok Pesantren Afkaaruna yang terletak di Sleman, Yogyakarta ini.

[RAN/Foto: Afkaaruna]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam