Connect with us

Khazanah

MTQ XIII Se-Tangsel Resmi Digelar

[TANGERANG SELATAN, MASJIDUNA]- Pagelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XIII Tingkat Kota Tangsel dibuka Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Jum’at (04/02/2022) bertempat di Plaza Puspem Kota Tangsel.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dalam sambutan pembukaan mengatakan MTQ bukan hanya sekadar seremonial belaka, namun sebagai salah satu syiar Islam dan upaya mewujudkan kota Tangsel yang religius.

“Nilai-nilai Islam harus ditanamkan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Saya yakin dengan pemahaman Islam yang baik akan memperkokoh ukhuwah Islamiyah, Wathoniyah, dan Basyariah,” ujar Benyamin saat membuka MTQ XIII di Plaza Pusat Pemerintah Kota Tangsel, Jumat (4/2/2022).

Benyamin mengungkapkan posisi Tangsel yang menjadi juara umum tujuh kali berturut-turut di tingkat provinsi Banten juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas dan pembinaan secara sistematik.

Dalam kesmepatan tersebut turut hadir Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Dedi Mahfudin, Sekda, Bambang Yudhoyono, Asda 1, Dadang Raharja, Ketua Harian LPTQ Banten, Ahmad Tholabi Kharlie, Ketua Harian LPTQ Tangsel, M. Sobron Zayyan, Kapolres, Kejari, dan BNN Tangsel, serta tamu undangan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Harian LPTQ Banten Ahmad Tholabi Kharlie, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkot Tangsel yang telah melaksanakan MTQ XIII Tingkat Kota Tangsel.
“Walaupun dilaksanakan dengan sederhana, tapi kualitasnya luar biasa. Bahkan ada anggapan MTQ tingkat kota Tangsel ini serasa MTQ Nasional,” ungkapnya.

Ungkapan Dekan Faultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta tersebut cukup beralasan, lantaran pembina dan dewan hakim yang terlibat memiliki kualifikasi nasional. “Karena Tangsel memiliki pembina dan dewan hakim yang berkualitas,” cetus Dekan termuda di lingkungan UIN Jakarta itu.

Sementara Ketua Panitia MTQ XIII Tingkat Tangsel Dadadng Raharja yang juga Asisten Daerah 1 mengatakan kegiatan MTQ ini dilakukan dengan sederhana dalan dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta yang hadir dibatasi dan diwajibkan menjalani tes usap Covid-19. Pemukulan Rebana oleh Wali Kota didamping Forkompinda Tangsel menandai Pembukaan MTQ XIII Tingkat Kota Tangsel Tahun 2022.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel Dedi Mahfudin mengingatkan kegiatan MTQ harus terus ditingkatkan di masa-masa mendatang sebagai ajang untuk mencari kader yang terbaik dalam pemahaman Al-Quran. “MTQ sebagai ajang untuk mencari yang terbaik dengan katagori-katagori yang dilombakan, semoga lewat MTQ ini kita lebih mencintai dan memahami Alquran,” ungkapnya.

MTQ XIII Tingkat Kota Tangsel tahun 2022 memperlombakan Bidang Tilawah dan Syarhil Qur’an, Bidang Tahfizh dan Qiraat Sab’ah, Bidang Tafsir Bahasa Arab, Bidang Tafsir Bahasa Inggris, Bidang MKQ (Kaligrafi), Bidang MQK (Qiroatul Kutub), dan Bidang Hadits, serta tilawah khusus PNS.

[RAN/Foto: Dokumen Kemenag Tangsel]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah