Catat!! Ini Batas Waktu Pendaftaran Seleksi Program Beasiswa Indonesia Bangkit 2023

Sekretaris Jenderal Kemenag  Nizar Ali. Foto: Kemenag

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Bagi Anda yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjut pasca menyelesaikan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun strata 1, ada baiknya melihat pengumuman di Kementerian Agama (Kemenag). Sebab Kemenag sedang membuka pendaftaran seleksi program gelar beasiswa Indonesia Bangkit 2023.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag  Nizar Ali menuturkan pembukaan pendaftaran program beasiswa Indonesia Bangkit 2023 sejak 5 sampai dengan 25 Juni 2023 mendatang. Program beasiswa yang dibuka untuk pendidikan gelar akademik strata S1 (Sarjana), S2 (Magister), dan S3 (Doktor) pada perguruan tinggi di dalam negeri atau di luar negeri.

Menariknya, program ini berupa beasiswa penuh (full scholarship) bagi pendaftar yang telah dinyatakan lulus seleksi. Serta memenuhi persyaratan keberangkatan untuk menempuh pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3 di dalam atau luar negeri pada perguruan tinggi tujuan yang ditetapkan Kemenag.

“Kita buka kembali seleksi program gelar Beasiswa Indonesia Bangkit 2023,” ujarnya melalui keterangannya,  Selasa (30/5/2023).

Baca juga:

Dia melanjutkan, program beasiswa diperuntukan bagi para pemangku kepentingan keluarga besar Kemenag dan terbuka bagi semua agama. Program tersebut bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan keagamaan, dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi. Selain itu, memperluas akses stakeholder pendidikan agama dan keagamaan untuk dapat melanjutkan pendidikannya melalui jalur beasiswa di dalam maupun luar negeri.

“Informasi jenis, ketentuan, dan persyaratan pendaftaran Program Gelar BIB 2023 ini dapat diakses melalui Aplikasi Superapp Pusaka Kementerian Agama pada menu Layanan Terpadu dengan judul ‘Beasiswa Indonesia Bangkit,” katanya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam M Ali Ramdhani menambahkan, proses seleksi penerima Program Gelar BIB 2023 ini dibagi dalam tiga tahap. Pertama, seleksi administrasi yang akan berlangsung 26 Juni – 2 Juli 2023. Nah, hasil seleksi administrasi bakal diumumkan pada 5 Juli 2023

Kedua, seleksi skolastik dan psikotes. Tahap pada 7-12 Juli 2023 bakalini diikuti para peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Ketiga, seleksi wawancara baakal digelar pada 17 sampai 21 Juli 2023. Sedangkan hasil seleksi bakal diumumkan pada 31 Juli 2023.

Sedangkan komponen beasiswa yang disiapkan mencakup beberapa hal berikut:

1. Biaya Pendidikan
a. Biaya Pendaftaran
b. Biaya SPP (Tuition Fee)
c. Bantuan Penelitian Skripsi/Tesis/Disertasi
d. Bantuan Seminar Internasional (S2/S3)
e. Bantuan Publikasi Jurnal Internasional (S2/S3)

2. Biaya Pendukung
a. Transportasi
b. Asuransi Kesehatan
c. Biaya Hidup Bulanan (Living Cost)
d. Settlement Allowance
e. Family Allowance (S3)
f. Biaya Aplikasi Visa/Residence Permit (LN)
g. Dana Darurat

3. Biaya Tambahan (Disabilitas)
a. Biaya Transportasi Pendamping
b. Biaya Asuransi Kesehatan Pendamping
c. Biaya Pendukung Lainnya yang disetujui

4. Biaya Peningkatan Kemampuan Bahasa (Afirmasi)
a. Biaya Program
b. Biaya Hidup Bulanan
c. Biaya Transportasi

Nah, bagaimana tertarik dengan tantangan beasiswa?. Semoga berhasil….

[AR]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *