Doa Berbuka Puasa Sesuai Hadis Rasulullah

Ilustrasi: pngtree.com

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Memasuki bulan Ramadhan, banyak porang berlomba-lomba beribadah sesuai tuntunan Rasulullah Muhammad Salallah Alaihi Wassalam. Tapi ada pula pelaksanaan ibadah yang masih kurang sesuai dengan tuntunan Nabi. Sepertihalnya dalam doa berbuka puasa.

Lantas seperti apa doa berbuka puasa yang sesua tuntunan Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam?. Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menganjurkan doa berbuka puasa yang seusai dengan tuntunan dan landasan dalam hadis yang shahih sebagaimana dikutip dari laman Muhammadiyah.

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Hal ini disebutkan dalam hadis: “Dari Ibnu Umar r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Apabila Rasulullah saw berbuka, beliau berdoa: Dzahabazh-zhama’u wabtallatil-‘uruqu wa tsabatal-ajru insya Allah [Hilanglah rasa haus dan basahlah uraturat (badan) dan insya Allah mendapatkan pahala]” [HR. Abu Dawud].

Pada bulan puasa juga sangat dianjurkan memperbanyak shadaqah, membaca dan mempelajari Al-Qur’an, mendekatkan diri kepada Allah dengan cara iktikaf di masjid, terutama pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Berdasarkan hadis: “Dari Ibnu Umar r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw selalu beri‘tikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadan.” [Muttafaq ‘Alaih].

[AR/Muhammadiyah]

2 thoughts on “Doa Berbuka Puasa Sesuai Hadis Rasulullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *