Connect with us

Pendidikan Islam

Tips Mencari Pondok Pesantren untuk Buah Hati, Perhatikan 3 Hal Ini

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Memasuki tahun ajaran baru 2021-2022, para orang tua tengah menyiapkan pendidikan lanjutan untuk buah hati. Salah satunya dengan mengirimkan ke pondok pesantren. Namun, memilih pondok pesnatren harus lebih teliti, jangan sampai salah memilih pondok pesantren.

Pondok pesantren menjadi salah satu tujuan lembaga pendidikan yang belakangan digandrungi oleh para orang tua. Banyak nilai yang diajarkan dalam sistem pengajaran melalui model pondok pesantren. Selain pendidikan agama yang lebih dominan, pendidikan kehidupan juga tak kalah penting dalam model pendidikan pondok pesantren. Seperti kesederhanaan, kebersamaan, dan kedisiplinan.

Namun, bukan berarti dalam memilih pondok pesnatren tidak membutuhkan kehati-hatian dan ketelitian. Jika salah memilih pondok pesantren, bisa-bisa target untuk anak Anda tidak tercapai.

Redaksi MASJIDUNA.COM merangkum sejumlah tips untuk memandu Anda memilih pondok pesantren.

  1. Tentukan Orientasi Anak Anda, Sesuaikan dengan Visi Misi Pondok Pesantren
    Memilih pondok pesantren tentu harus disesuaikan dengan proyeksi orientasi anak anda ke depan. Ingin diarahkan apa ananda ke depan? Apakah ingin jago dalam bahasa Arab dan Inggris? Ataukah ingin anak Anda menjadi seorang penghafal al-Qur’an? Atau menginginkan anak Anda jago dalam penguasaan khazanah keislaman klasik seperti kitab kuning? Atau menginginkan anak Anda menguasai ilmu umum sekaligus ilmu agama? Orientasi proyeksi anak cukup vital untuk menentukan pilihan pondok pesantren yang akan dituju. Ini menyangkut dengan profil pondok pesantren yang ingin dituju. Tidak mungkin anda menginginkan anak anda seorang penghafal al-Quran, ternyata di pondok pesantren tersebut porsi kegiatan menghafal al-Qur’an hanya sebagai kompelementer. Untuk mengetahui visi misi pondok pesantren, Anda bisa melihat di saluran informasi resmi pondok pesantren yang tersedia atau mencari informasi dari para alumni yang dikenal.
  2. Biaya Pondok Pesantren, Sesuaikan dengan Fasilitas dan Kualitas Pondok Pesantren
    Biaya pondok pesantren menjadi poin yang juga penting untuk dicek. Pastikan biaya yang dikeluarkan setiap bulannya rasional dengan fasilitas yang didapat buah hati. Rasionalitas tersebut terkait dengan fasilitas, model pengajaran, serta kualitas yang ditawarkan pondok pesantren tersebut. Biaya ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan kantong Anda. Jangan sampai, besaran biaya lebih besar dari pendapatan Anda. Kondisi ini tentu akan menganggu keberlangsungan pendidikan anak Anda di pondok pesantren tersebut.
  3. Jarak Rumah dan Pesantren
    Memilih pondok pesantren juga pelru dipertimbangkan jarak antara rumah dan pondok pesantren. Ini erat kaitannya dengan biaya rutin untuk menjenguk ananda di pondok pesantren. Pastikan jarak tempuh kediaman dan pondok pesantren tidak menganggu keuangan Anda. Karena kegiatan menjenguk anak merupakan agenda rutin bulanan bahkan bisa jadi mingguan. Maka biaya untuk menjenguk perlu dihitung secara pasti sebagai bagian dari pengeluaran.

[RAN/Ilsutrasi Internet]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam