Connect with us

Khazanah

Mengenal 4 Manfaat Bersedekah

Bakal dipetik pada kehidupan di dunia maupun kehidupan berikutnya.

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Dalam berkehidupan beragama, khususnya ibadah yang berkaitan hubungan dengan manusia tak lepas dari bersedekah. Aktivitas berdekah banyak dianjurkan dalam agama. Di balik bersedekah pun terdapat sejumlah manfaat yang dapat diperoleh.

Menariknya,  manfaat bersedekah tak sekedar hanya dapat membantu penerimanya. Namun juga bermanfaat bagi orang yang melakukannya. Lantas apa saja manfaat bagi orang yang bersedekah?.

Setidaknya terdapat empat manfaat dari bersedekah. Pertama,menolak bala dan musibah. Menelisik lebih dalam, terdapat dua hadis Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam. Yakni bersedekah dapat menutup  pintu 70  kejahatan, dan bencana atau musibah tidak dapat mendahului sedekah. Sebagaimana diriwayatkan Thabrani dalam sebuah hadis yang menyebukan, “Sedekah menutup 70 pintu keburukan”.

Kedua, mendatangkan rezeki. Rasulullah bersabda, “Berinfaqlah wahaianak Adam, niscaya Aku (Allah) berinfaq kepadamu”. Hadis tersebut bertaraf muttafaqun alaih. Ketiga, menghapus dosa.  Sejatinya dengan bersedekah menyedekahkan harta yang dimiliki, dosa-dosa orang yang bersedakah pun bakal dihapuskan.

Hal itu merujuk pada hadis Rasulullah yang diriwayatkan imam Tirmidzi yang menyebutkan, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. Keempat, dapat dijauhkan dari neraka. Bagi  orang yang bersedekah bakal masuk ke dalam golongan yang akan mendapatkan  naungan di hari akhir.

Sebagiamana disebutkan  dalam sebuah hadis Rasulullah yang diriwayatkan Imam Bukhari yang menyebutkan, “Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma…”.

Tentu saja masih terdapat banyak keutamaan manfaat dari bersedekah sebagaimana yang telah dijanjikan Allah melalui Rasulullah. Pada akhirnya, perbanyaklah bersedekah dengan memetik banyak manfaat yang akan dipetik pada kehidupan didunia maupun kehidupan berikutnya. Wallahu alam.

[AHR/Ilustrasii foto: Genota]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah