BWI Bakal Luncurkan Program Kalisa

[JAKARTA, MASJIDUNA] —  2020 menjadi tahun yang sedemikian berat. Pandemi Covid-19 melanda seluruh belahan dunia. Tak saja krisis kesehatan, dampaknya  pun terhadap anjloknya perekonomian global. Tak terkecuali Indonesia.

Berbagai elemen masyarakat pun bergandengan tangan dalam membantu masyarakat serta negara dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Badan Wakaf Indonesia (BWI)  melalui Lembaga Kenazhirannya bakal  menggulirkan program ‘Wakaf Peduli Indonesia (Kalisa)’   pada  Juni 2020 ini.

Ketua Pelaksana BWI, Prof. Mohammad Nuh mengatakan, peluncuran program Kalisa bertujuan agar wakaf dapat berperan dalam meringankan beban para orangtua mahasiswa yang kesulitan membiayai kuliah anaknya di universitas maupun perguruan tinggi akibat terdampak Covid-19.

“Skema wakaf sangat terbuka peluang bagi perguruan tinggi  untuk meringakan beban orang tua mahasiswa yang terkena dampak enomosi dari covid 19 dengan program Kalisa kesempatan bagus untuk memulai perbuatan yang baik,” ujarnya dalam sebuah diskusi virtual sebagaimana dilansir dari laman BWI.

Menurutnya, program Kalisa nantinya ditempatkan pada  instrumen investasi deposito bank syariah. Harapannya dapat menghasilkan, memanfaatkan bagi hasil yang sangat maksimal dan mauquf alaihnya pun menerima manfaat yang maksimal juga.

Dia mengajak Universitas dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  merintis kebaikan bersama. Setidaknya dalam meraih pahala yang manfaatnya dapat dirasakan para mahasiswanya yang membutuhkan uluran tangan dengan cara menjadi nazhir  wakaf uang bagi yang belum dan ikut program Kalisa

Dia menilai menjadi Nazhir Kalisa, Universitas dan Perguruan Tinggi nantinya   mendapatkan aset yang besar dengan imbal hasil yang digunakan untuk mauquf alaih. Skemanya  dengan pola 80% menjadi asset mauqf alaihi yang akan dibangunkan fasilitas sosial kampus. S erta 20%nya akan disalurkan bantuan langsung ke mauquf alaih.

[AHR/BWI/Ilustrasi:goodmoney.id]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *