Connect with us

Khazanah

Doa “Sapu Jagat” Jangan Terlewat

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Dalam setiap kali berdoa, setiap muslim pasti menutupNYA dengan doa pendek ini: ROBBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR.

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.”

Para ulama nusantara menyebut doa ini dengan sebutan doa “sapu jagat”. Mengapa disebut demikian, tidak lain karena dalam doa tersebut terselip harapan kebaikan di dunia sekaligus akhirat. Tidak ada muslim yang berharap kebaikan di dunia saja atau di akhirat saja. Mereka menginginkan kebaikan keduanya. Apalagi doa tersebut juga dbaca oleh Rasulullah setiap hari.

Doa ini juga bisa disebut doa di segala keadaan. Bila tak hafal doa-doa lain, baik setelah sholat maupun dalam kondisi tertentu, maka dianjurkan membaca doa ini.

Menurut Imam Hasan Al-Bashri, yang dimaksud dengan kebaikan dunia adalah mendapatkan ilmu dan sikap istriqomah ibadah. Sementara kebaikan di akhirat adalah dijauhkan dari siksa neraka dan mendapatkan nikmat surga.

Sementara ahli tafsir Ibnu Katsir menyebutkan bahwa kebaikan di dunia berarti nikmat sehat, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat. Sementara kebaikan di akhirat berarti dimudahkan dari hisab dan masuk ke dalam surga.

Nah, dari kebaikan-kebaikan itu, jelas jangan sampai melewatkan doa yang satu ini setiap hari.

(IMF/foto:istimewa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah