Connect with us

Khazanah

Pesan Dakwah Lewat Mural

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Dakwah tak melulu lewat mimbar atau pengajian. Sekelompok siswa Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta menyampaikannya melalui seni mural atau grafiti di sepanjang Jalan Suronatan, Ngampilan, Yogyakarta, Sabtu (21/12/2019).

Menurut Zuvita Nandiastika, Ustazah Madrasah Muallimat kegiatan mural tembok ini selain untuk memperindah tembok dari para pengguna jalan adalah memberi layanan edukasi masyarakat lewat gambar-gambar yang dibuat siswa.

“Tema mural ini adalah tentang ekologi. Jadi lukisanya adalah gambaran tentang kerusakan alam dan ajakan untuk melindungi bumi dan lingkungan sekitar,” katanya.

Sebelumnya tembok tersebut terkesan kumuh dan berlumut padahal gang suronatan dan skitarnya dihuni oleh banyak masyarakat dan pelajar sehingga dirasa penting melukis tembok dengan ajakan menjaga lingkungan karena hal yang bersifat visual lebih menarik dripada hanya lisan.

Kegiatan mural siswi Madrasah Muallimat ini termasuk serangkaian Gerbyar Muallimat yang merupakan aktualisasi bakat dan miat para santri Muallimat) yang dikelola oleh Organtri (organisasi santri) Mu’allimaat dengan sitem perlombaan melibatkan santri dari kelas 1,2, 3 MTs dan 1,2,3 MA.

Lomba Mural yang memakan waktu sepekan dari tanggal 13-18 Desember 2019 ini merupakan lomba dari para santri yang dari banyak lomba dalam Gebyar Madrasah Muallimat.

(IMF/Foto:muhammadiyah.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah