Connect with us

Pendidikan Islam

Gelar Salawat dan Doa Bersama Tandai Peresmian Gugus Depan Pramuka di Afkaaruna

[MASJIDUNA, SLEMAN] – Unit pendidikan di lingkungan Afkaaruna Islamic School (IAS) Yogyakarta resmî memiliki nomor gugus depan (Gudep) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Afkaaruna dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Afkaaruna. 

Peresmian gugus depan Pramuka di lingkungan Afkaaruna Islamic School (AIS) Yogyakarta, sebelumnya didahului dengan kegiatan Pramuka Bersalawat yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sleman bekerjasama dengan Afkaaruna Islamic School (AIS) pada Kamis, (17/3/2022) malam. 

Dalam kegiatan tersebut diikuti seluruh santri Pondok Pesantren Afkaaruna dan anggota Pramuka Kwartir Cabang Sleman, Yogyakarta yang digelar secara hybrid baik dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) yang bertempat di PP Afkaaruna, Palem, Sleman, Yogyakarta.

Inilah 5 Sekolah Islam Berstandar Internasional Terbaik di Indonesia 

Dalam kesempatan tersebut, Pengasuh PP Afkaaruna Kiai Samsul Maarif Mujiharto mengatakan kegiatan Pramuka memiliki arti penting dalam membentuk karakter siswa. Menurut dia, Pramuka bukanlah kegiatan pelengkap dalam pendidikan formal. “Namun Pramuka satu-satunya pendidikan yang lengkap memberikan pendidikan karakter kepada anak didik,” ujar kiai muda yang juga dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini. 

Sementara Ketua Kwartir Cabang Pramuka Sleman Ery Widaryana menyambut positif berdirinya Gugus Depan Pramuka di lingkungan Afkaaruna Islamic School (AIS). Dia menyebutkan kegiatan pramuka berfungsi untuk menambah kegiatan pendidikan formal di bangku sekolah. 

Wakil Ketua KPK Isi Materi Makesta IPNU-IPPNU Komisariat MTs Afkaaruna Yogyakarta

Kegiatan Pramuka Bersalawat dilanjutkan dengan peresmian gugus depan di lingkungan AIS pada Sabtu (19/3/2022). Afkaaruna secara resmi memiliki dua gugus depan yakni 16.089 untuk MI Afkaaruna (Siaga dan Penggalang) dan 16.090 untuk MTs Afkaaruna (Penggalang).

Dalam kesempatan tersebut dikukuhkan jajaran Majelis Pembina Gugus (Mabigus) dan Pengurus Gugus Depan untuk periode 2022-2024 baik pangkalan Gugus Depan MI Afkaaruna dan Gugus Depan MTs Afkaaruna.     

[RAN/Foto: Dokumen AIS]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam