Connect with us

Pendidikan Islam

Tips Mencari Sekolah untuk Buah Hati, Perhatikan 3 Hal Ini

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Tak lama lagi tahun ajaran baru 2021-2022 akan dimulai. Saatnya mencari sekolah untuk buah hati. Mencari sekolah untuk buah hati jangan pernah coba-coba karena menyangkut masa depan anak ke depan. Bagaimana tips mencari sekolah untuk buah hati?

Setiap orang tua pasti akan dihadapkan pada momen mencari sekolah untuk buah hati. Mulai tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Mencari sekolah tidak semudah yang dibayangkan, banyak aspek yang harus dipertimbangkan orang tua.

Untuk memudahkan proses pencarian sekolah bagi buah hati, redaksi MASJIDUNA.COM merangkum sejumlah tips praktis dalam mencari sekolah untuk buah hati:

  1. Perhatikan Kurikulum Sekolah
    Kurikulum sekolah menjadi hal utama dalam mencari sekolah untuk buah hati. Ini terkait dengan visi-misi sekolah yang akan diajarkan selama ananda sekolah di lembaga pendidikan tersebut. Pastikan kurikulum sekolah sesuai dengan kehendak orang tua. Kurikulum ini berhubungan erat dengan muatan pembelajaran pendidikan agama dengan pendidikan non agama. Jika menginginkan buah hati lebih mendalami ilmu agama Islam, pastikan untuk memerhatikan muatan antara pengajaran pendidikan agama dengan pendidikan non agama.
  2. Perhatikan Besaran Biaya
    Biaya pendidikan cukup penting untuk ditelusuri berapa besarannya. Ini erat kaitannya dengan kekuatan kantong kita untuk membiayai pendidikan ananda hingga tuntas jenjang pendidikan di sekolah yang dituju. Harus dibuat simulasi pembiayan pendidikan hingga kelulusan ananda. Pastikan pula untuk dikonversikan biaya yang dikeluarkan dengan fasilitas yang diperoleh selama menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan kualitas dan fasilitas yang didapat. Di poin ini, menelusuri biaya tidak sekadar aspek keuangan saja, tetapi erat kaitannya dengan aspek kualitas sekolah.
  3. Perhatikan Jarak Sekolah
    Jarak sekolah dengan tempat tinggal menjadi salah satu faktor yang perlu dihitung. Ini tak lain demi efektivitas pembelajaran buah hati. Jarak sekolah yang jauh dari kediaman maka akan memberi dampak pada waktu berangkat dan pulang sekolah. Ujung-ujungnya berimbas pada alokasi waktu istirahat untuk buah hati. Buat simulasi pengantaran maupun penjemputan saat menggunakan roda dua maupun roda empat. Simulasi ini penting untuk memastikan berapa lama jarak tempuh ananda dari rumah ke sekolah.

Tiga hal tersebut menjadi salah satu hal yang pokok untuk diperhatikan saat memilih sekolah ananda. Pilihan sekolah ananda memberi dampak cukup besar bagi masa depan anak. Salah pilih sekolah, maka akan memberi risiko pada kualitas anak di waktu mendatang.

[RAN/Ilustrasi: portalsulut.pikiranrakyat.com]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam