Connect with us

Ormas

Romo Agustinus Terinspirasi Relawan Muhammadiyah Makamkan Jenazah Umat Katolik

[JAKARTA, MASJIDUNA]– Berawal dari sebuah foto Relawan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) yang sedang menguburkan jenazah umat Katolik, yang ramai di Twitter, telah menginspirasi Romo Agustinus Suryo Nugroho.

Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keviepan Barat yang berdomisili di Semarang ini menceritakan, ada dua aktivitas Relawan Muhammadiyah yang menginspirasinya yaitu aktivitas MCCC Kudus yang mengubur jenazah Umat Kristiani dan MCCC Sragen dengan aktivitas sama.

Yang di Sragen itu saya cek karena saya pernah bertugas sebagai romo vikaris parokial di sana. Ketemulah nama umat yg dikuburkan itu: Mak Nem, warga lingkungan Krapyak. Sedang pendoa (prodiakon) yang sedang mendoakannya itu Mas Yoyok,” urai Romo Suryo dilihat dari laman muhammadiyah, Kamis (29/7/2021).

Dari peristiwa itu, kata Romo Suryo, yang terpenting adalah tindakan relawan Muhammadiyah itu menggerakkan dia dan romo-romo dan Umat Katolik untuk mengambil peran yang sama. “Turun ke kuburan, memakamkan jenazah dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Romo Suryo menjelaskan, sebenarnya respon Umat Katolik atas pandemi covid-19 ini mereka percaya, dan taat atas peraturan penonaktifan rumah ibadah yang dikeluarkan pemerintah. Akan tetapi pada sisi kontribusi aktif ia mengakui belum begitu banyak.

Terkait dengan penyelesaian covid-19 dengan baik, dirinya mengajak kepada umat lintas iman untuk mendukung vaksinasi, Romo Suryo berharap para pemuka agama bisa menjadi teladan bagi umat. Selanjutnya, semoga selalu ingat dengan masyarakat yang sedang melakukan isoman.

(IMF/muhammadiyah.or.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas