Connect with us

Khazanah

Pesan 1 Muharam Menag: Berhijrah itu Tidak Mengasingkan Diri

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Hari Minggu (1/9/2019) ini bertepatan dengan 1 Muharam 1441 Hijriah. Harapan dan doa disematkan dalam menyambut tahun baru bagi umat Islam ini. Tak terkecuali Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memiliki pesan dan harapan khusus di momen tahun baru Islam ini.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam momentum tahun baru Islam 1 Muharam 1441 ini memiliki harapan dalam momentum tahun baru bagi umat Islam ini.

Menurut Lukman, dalam berhijrah diharapkan tidak memutus silaturahim dengan handai taulan. “Semoga dalam berhijrah kita tidak memutus silaturahim dengan orang tua, saudara dan kerabat yang tidak berhijarah,” ucapnya sebagaimana dikutip MASJIDUNA Minggu (1/9/2019) melalui video pendek yang disebar Kementerian Agama melalui jejaring media sosial.

Bekas Wakil Ketua MPR RI ini menambahkan dalam berhijrah diharapkan pula tidak mengasingkan diri, memusuhi serta memandang rendah pihak yang tidak sejalan dengan pilihannya. “Semoga dalam berhjirah kita tidak mengasingkan diri lalu memusuhi atau memandang rendah mereka yang tidak sejalan dengan mereka,” imbuh putera mantan Menteri Agama KH Saifuddin Zuhri ini.

Lukman menegaskan hakikat hijrah tak lain bertekad dan berjuang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dalam spritual diri maupun dalam konteks sosial kemasyarakatan. “Melakukan kerja-kerja positif dalam membangun kehidupan bersama,” tegas Lukman.

Berikut harapan dan pesan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin:

Selamat Tahun baru 1441 H semoga dalam berhijrah kita tidak memutus silaturahim dengan orang tua, saudara, dan kerabat yang tidak berhijrah. Semoga dalam berhijrah kita tidak mengasingkan diri lalu memusuhi atau memandang rendah mereka yang tidak sejalan dengan mereka.

Karena berhijrah hakekatnya adalah bertekad dan berjuang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Baik dalam konteks personal spritual maupun secara bersama-sama dengan anggota masyarakat lainnya melakukan kerja-kerja positif dalam membangun kehidupan bersama. [RAN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah