Connect with us

Ormas

Perlunya Dialog Antar Ormas Islam

Mencari jalang keluar atas banyaknya  permasalahan  umat.

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Pentinya persamaan cara pandang antar organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam dalam cara pandang dalam menyelesaikan persoalan umat. Yakni dengan cara dialog dalam mencari jalan keluar atas banyaknya permasalahan umat dan kemaslahatan umat muslim.

Demikian disampaikan Direktur Penerangan Agama Islam, Syamsul Bahri saat membuka acara Dialog Ormas Islam dan Lembaga Keagamaan Tingkat Pusat bertempat di Hotel Orchardz, Jakarta, Rabu (25/8).

“Alhamdulillah, semakin lama kita bisa saling duduk bersama untuk bersinergi meski berbeda organisasi, sudah saatnya kita menghormati perbedaan dalam bingkai dakwah,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman Bimas Islam.

Perlu diketahui, perhelatan acara yang diikuti 35 utusan dari Ormas dan lembaga Islam itu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dia menerangkan, situasi dan suasana persaudaraan antara Ormas Islam dalam beberapa tahun belakangan terakhir nampak jauh lebiih erat dibandingkan masa lalu. Sebab di masa lalu gesekan antara Ormas  keagamaan amat terasa. Dia yakin dengan adanya kepentingan yang sama dalam berdakwah bagi kemaslahatan umat, dapat memajukan umat muslim khususnya.

Baginya, lembaga dan Ormas Islam menjadi wadah berjuang dalam menjalankan kebaikan. Karenanya, dialog antar Ormas Islam menjadi penting agar dapat mengeluarkan energi bagi kepentingan umat secara luas.


“Jangan sampai kita hanya fokus untuk membesarkan organisasi, tapi juga harus memperhatikan bagaimana kondisi sosial kemasyarakatan kita pada saat ini,” pungkasnya.


[AHR/BimasIslam/Ilustrasi:klikwarta.com]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas